Ajax Berhak Tantang Man United di Final Liga Europa Setelah Hancur di Lyon

By Verdi Hendrawan - Jumat, 12 Mei 2017 | 04:47 WIB
Para pemain Ajax Amsterdam merayakan keberhasilan mereka lolos ke final Liga Europa 2016-2017 setelah di semifinal sukses menyingkirkan Olympique Lyonnais dengan skor 5-4 secara agregat di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Lyon, Prancis, pada Kamis (11/5/2017).
PHILIPPE DESMAZES / AFP
Para pemain Ajax Amsterdam merayakan keberhasilan mereka lolos ke final Liga Europa 2016-2017 setelah di semifinal sukses menyingkirkan Olympique Lyonnais dengan skor 5-4 secara agregat di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Lyon, Prancis, pada Kamis (11/5/2017).

 Ajax Amsterdam berhasil memastikan satu tiket ke final Liga Europa 2016-2017 meski pada leg 2 semifinal dihancurkan Olympique Lyonnais dengan skor 1-3 di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Kamis (11/5/2017). Wakil Belanda itu tetap lolos berkat keunggulan 5-4 secara agregat.

Bermain di hadapan publik sendiri, Lyon tampil sedikit lebih mendominasi. Les Gones memiliki 57 persen penguasaan bola di sepanjang laga.

Jumlah penguasaan bola tersebut juga sukses dikonversi Lyon menjadi banyak peluang. Total ada 24 tembakan yang delapan di antaranya on target.

Akan tetapi, Ajax juga tidak tampil buruk. De Godenzonen yang hanya memiliki 44 persen penguasaan bola juga mampu menciptakan 16 peluang dengan tiga sepakan tepat sasaran.

Bahkan, Ajax mampu mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke-27 melalui Kasper Dolberg. Striker belia berusia 19 tahun asal Denmark itu sukses mencongkel bola dengan indah untuk memperdayai kiper Lyon, Anthony Lopes.

Gol tersebut juga membuat Dolberg menjadi pemain muda tersubur di Liga Europa dengan enam gol menyamai rekor yang pernah ditorehkan striker Athletic Bilbao, Iker Muniain.

Tertinggal 0-1 atau 1-5 secara argegat ternyata tidak membuat Lyon patah semangat. Para pemain Les Gones seakan mendapat angin segar untuk mencetak gol.

Namun, gol yang Lyon nantikan baru tercipta jelang babak pertama usai atau menit ke-45 melalui eksekusi sepakan 12 pas. Penalti tersebut dieksekusi dengan baik oleh Alexandre Lacazette, yang dijatuhkan Matthijs de Ligt di area terlarang.

Waktu yang tersisa pada babak pertama sudah menipis, Lyon justru berbalik unggul. Lacazette sukses mencetak gol kedua setelah menerima bola di mulut gawang hasil umpan silang Nabil Fekir pada menit ke-45+1.

Pada babak kedua, Lyon tampil semakin bersemangat. Beberapa peluang emas berhasil mereka ciptakan, tetapi terbentur oleh penyelesaian akhir yang tidak maksimal.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X