Ferrari Bisa Finis di Posisi Pertama hingga Kedua pada GP Spanyol

By Sabtu, 13 Mei 2017 | 09:30 WIB
Dua pebalap tim Ferrari, Sebastian Vettel (kiri) dan Kimi Raikkonen, menyapa fan seusai menjalani sesi kualifikasi GP Formula 1 Rusia di Sirkuit Sochi Autodrom, Rusia, (29/4/2017).
MARK THOMPSON/GETTY IMAGES
Dua pebalap tim Ferrari, Sebastian Vettel (kiri) dan Kimi Raikkonen, menyapa fan seusai menjalani sesi kualifikasi GP Formula 1 Rusia di Sirkuit Sochi Autodrom, Rusia, (29/4/2017).

Setelah kombinasi finis 1-2 Sebastian Vettel-Lewis Hamilton menghiasi tiga seri pertama tahun ini, pola itu pecah pada seri keempat. Valtteri Bottas jadi pemenang baru pada GP Rusia. Setelah itu, pola baru lagi bisa saja tercipta di Spanyol.

Penulis: Arief Kurniawan

Sejak 2014 Mercedes sangat mudah finis di posisi 1-2 berbekal mobil hebat dan dua pebalap tangguh. Namun, musim ini mereka sangat kesulitan karena perlawanan dari Ferrari luar biasa hebat. Mercedes masih bisa menang, tapi finis 1-2 bukan barang murah lagi.

Justru Ferrari bisa menjadi tim pertama yang mewujudkan finis impian semua tim F1 tersebut. Ada dua faktor utama yang dapat membuat Vettel menang lalu diikuti Kimi Raikkonen, atau sebaliknya.

Faktor pertama adalah karakter Sirkuit Catalunya yang bakal digunakan untuk lomba hari Minggu (14/5/2017). Sirkuit ini menekankan pada pentingnya aerodinamika bagus. Ferrari sejauh ini memiliki mobil hebat di sisi itu pada sasis SF70H.

Pada tes pramusim di sirkuit yang sama mereka sangat dominan. Yang paling menonjol pada SF70H itu adalah betapa stabilnya mobil ini saat melaju di dua tikungan cepat yakni tikungan 3 dan 9.

Terbukti, pada beberapa tikungan serupa di sirkuit yang sudah digunakan tahun ini, Albert Park di Australia, Shanghai di China, Sakhir di Bahrain, dan Sochi di Rusia, Ferrari unggul atas Mercedes.

Mobil Fenomenal

Faktor kedua adalah penggunaan ban. Catalunya adalah trek yang sangat abrasif. Sejauh ini SF70H pun terbukti lebih ramah terhadap ban ketimbang Mercedes W08. Bila menyimak bahwa Hamilton pun kini bisa mengalami overheating (panas berlebih), ini menjadi kenyamanan tambahan Ferrari.


Pebalap tim Ferrari, Sebastian Vettel, membesut mobil Scuderia Ferrari SF70H dalam lomba GP Formula 1 Rusia di Sirkuit Sochi Autodrom, Rusia, (30/4/2017).(MARK THOMPSON/GETTY IMAGES)


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.767


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X