Djokovic dan Nadal Akan Jalani Pertemuan Ke-50

By Sabtu, 13 Mei 2017 | 17:03 WIB
Petenis Serbia, Novak Djokovic (kanan), menyambut Rafael Nadal (Spanyol) setelah keduanya menyelesaikan laga semifinal ATP ATP World Tour Finals di London, Inggris, 21 November 2015. Djokovic menang 6-3, 6-3.
GLYN KIRK/AFP PHOTO
Petenis Serbia, Novak Djokovic (kanan), menyambut Rafael Nadal (Spanyol) setelah keduanya menyelesaikan laga semifinal ATP ATP World Tour Finals di London, Inggris, 21 November 2015. Djokovic menang 6-3, 6-3.

Novak Djokovic (Serbia) dan Rafael Nadal (Spanyol) akan mencatat rekor pertemuan dalam karier mereka. Keduanya akan saling berhadapan pada babak semifinal Madrid Terbuka, Sabtu (13/5/2017).

Laga di Caja Magica, Madrid, ini merupakan pertemuan ke-50 bagi kedua petenis, atau jumlah rivalitas terbanyak pada Era Terbuka.

Dari 49 pertemuan sebelumnya, Djokovic memimpin dengan 26-23. Djokovic selalu menang dalam 7 pertandingan terakhir yang terdiri dari 15 set.

Nadal tak pernah sekali pun memenangi set dalam tujuh pertandingan tersebut. Kali terakhir dia mengalahkan Djokovic adalah pada laga final Roland Garros (Perancis Terbuka) 2014.

Nadal adalah raja lapangan tanah liat pada Era Terbuka dengan rekor 378-34. Namun, dia selalu kalah dalam tiga laga terakhir melawan Djokovic di lapangan jenis ini.

Secara kesuluran, rekornya melawan Djokovic di lapangan ini adalah 14-7. Tidak ada pemain yang bisa mengalahkan Nadal lebih dari tiga kali di lapangan tanah liat selain Djokovic.

Petenis Argentina, Gaston Gaudio, pernah mengalahkan Nadal tiga kali di lapangan tanah liat, tetapi itu terjadi ketika petenis kidal tersebut belum berusia 19 tahun dan meraih gelar Roland Garros pertamanya pada 2005.

Djokovic dan Nadal sudah pernah saling berhadapan pada semua turnamen Grand Slam, ATP Finals, Olimpiade, Piala Davis, dan delapan dari sembilan turnamen ATP Masters 1000 (termasuk Madrid Terbuka).

Mereka belum pernah bertemu pada Shanghai Masters. Djokovic unggul 16-9 dalam rekor petemuan dengan Nadal di turnamen Masters 1000. Dia memenangi lima laga terakhir.

Sebelum pertemuan hari ini, kedua petenis ini kali terakhir bertanding pada Mei 2016 atau setahun yang lalu. Bagi keduanya, ini merupakan jarak jeda pertemuan terlama.


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : ATP


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X