Tidak Ada yang Salah dengan Gol Nacho

By Ferril Dennys Sitorus - Senin, 15 Mei 2017 | 08:32 WIB
Bek Real Madrid, Nacho Fernandez (kiri), merayakan golnya seusai membobol Sevilla pada 14 Mei 2017.
CESAR MANSO / AFP
Bek Real Madrid, Nacho Fernandez (kiri), merayakan golnya seusai membobol Sevilla pada 14 Mei 2017.

 Gol pertama Real Madrid ke gawang Sevilla pada pertandingan Divisi Primera La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Minggu (14/5/2017), sempat mengundang protes. Namun, tak ada yang salah dengan gol Nacho itu.   

Pertandingan tersebut dimenangkan Madrid dengan skor 4-1. Empat gol El Real ditorehkan Nacho Fernadez 10', Cristiano Ronaldo 23, 78', dan Toni Kroos. Adapun gol semetawayang Sevilla dikemas Stevan Jovetic pada menit ke-49.

Gol pertama Madrid yang diciptakan Nacho sempat mendapatkan protes dari pemain Sevilla.

Awalnya, Marco Asensio dijatuhkan lawan di depan kotak penalti tim tamu. Wasit Alberto Undiano lalu memberikan tendangan bebas kepada Madrid.

Setelah itu, Nacho beraksi seperti pencuri. Dia dengan cepat menempatkan bola dan menendang si kulit bulat ke pojok kanan bawah gawang Sevilla. Kiper Sevilla, Sergio Rico, hanya terperangah melihat bola masuk ke dalam gawangnya.

Setelah itu, ada protes dari para pemain Sevilla tetapi gol tersebut tetap disahkan Undiano.

Cara Nacho mengeksekusi tendangan bebas atau yang disebut quick free kick tidak melanggar Laws of the Game. Bagaimanapun, tim dalam posisi menyerang berstatus diuntungkan ketika pelanggaran dilakukan.

Tendangan bebas membutuhkan peluit jika ada insiden yang membuat laga harus berhenti sejenak seperti pergantian pemain, wasit memberi kartu, penanganan cedera, dan wasit membutuhkan waktu untuk mengontrol pemain.

Si penendang juga boleh tidak melakukan tendangan bebas secara langsung setelah penendang sendiri meminta wasit mengatur pagar betis. Setelah berbicara dengan wasit, pemain diperbolehkan menendang bola seusai peluit ditiup wasit.

Pelatih Madrid, Zinedine Zidane, menyatakan bahwa tak ada yang salah dengan cara Nacho mencetak gol.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X