Jika Kalah dari Ajax di Liga Europa, Man United Bakal Rugi Rp 875 Miliar

By Verdi Hendrawan - Rabu, 17 Mei 2017 | 07:39 WIB
Penyerang Manchester United, Marcus Rashford (kanan), merayakan gol yang dia cetak ke gawang Celta Vigo bersama rekannya, Antonio Valencia, dalam laga semifinal I Liga Europa di Estadio Balaidos, Vigo, 4 Mei 2017.
MIGUEL RIOPA / AFP
Penyerang Manchester United, Marcus Rashford (kanan), merayakan gol yang dia cetak ke gawang Celta Vigo bersama rekannya, Antonio Valencia, dalam laga semifinal I Liga Europa di Estadio Balaidos, Vigo, 4 Mei 2017.

Menjuarai Liga Europa memiliki arti penting bagi Manchester United. Selain menjadi gelar pertama di kompetisi kasta kedua antarklub Eropa itu, tiket ke Liga Champions yang sudah tak mungkin bisa didapat melalui jalur liga bisa diraih.

Namun, ternyata ada banyak hal yang bisa diselamatkan Man United jika berhasil memenangi pertandingan final itu menghadapi Ajax Amsterdam di Friends Arena, Rabu (24/5/2017).

Salah satunya adalah hal finansial. Seperti dikabarkan BBC, jika Man United gagal menjadi juara, mereka bakal mengalami kerugian sebesar 51 juta pounds (sekitar Rp 875 miliar).

Nominal tersebut bukan jumlah yang sedikit bagi klub sebesar Setan Merah sekalipun.

Rincian kerugian tersebut berasal dari kesepakatan dengan sponsor utama Man United, Adidas.

Jika gagal lolos ke Liga Champions dua musim berturut-turut, Setan Merah akan kehilangan 21 juta pounds (sekitar Rp 360 miliar) dari total kesepakatan sebesar 750 juta pounds (Rp 12,8 triliun) dengan produsen apparel asal Jerman itu.

Baca Juga:

Sisanya, 30 juta pounds (sekitar Rp 515 miliar), tidak akan menjadi hak Man United jika gagal tampil di fase grup Liga Champions.

"Bagi kami hadiah terbesar bagi klub adalah Adidas dan Liga Champions," ucap Cliff Baty, Staf Keuangan Man United, kepada BBC.

Selain itu, kekalahan dari Ajax juga membuat Man United kehilangan 3 juta pounds (sekitar Rp 51,5 miliar) dalam bentuk hadiah kompetisi.


Editor : Beri Bagja
Sumber : BBC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X