Steven N'Zonzi, Gurita Pemimpin Orkestra Sevilla

By Septian Tambunan - Rabu, 24 Mei 2017 | 15:07 WIB
Pemain Sevila, Steven N'Zonzi (kiri) dan Timothee Kolodziejczak, melakukan selebrasi seusai menang atas Athletic Bilbao melalui adu penalti dalam laga leg kedua babak perempat final Liga Europa di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Seville, (14/4/2016).
DAVID RAMOS/GETTY IMAGES
Pemain Sevila, Steven N'Zonzi (kiri) dan Timothee Kolodziejczak, melakukan selebrasi seusai menang atas Athletic Bilbao melalui adu penalti dalam laga leg kedua babak perempat final Liga Europa di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Seville, (14/4/2016).

Sevilla tampil menggila dalam pertandingan pekan ke-38 La Liga dengan mengalahkan Osasuna 5-0 di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sabtu (20/5/2017).

Kemenangan atas Osasuna membuat Sevilla memiliki rataan penguasaan bola 58 persen dalam pergelaran La Liga musim 2016/17. Catatan ini menjadi yang tertinggi dalam satu musim sejak 2005/06.

Lantas, siapa sosok di balik kehebatan Sevilla mendominasi lawan? Jawabannya adalah Steven N’Zonzi.

Pesepak bola berusia 28 tahun ini merupakan pemimpin orkestra Sevilla. Dia rata-rata melepaskan 79,8 operan per pertandingan alias lebih banyak dibandingkan anakanak asuh Jorge Sampaoli lainnya.

Selain itu, tingkat akurasi passing dia menyentuh angka 89,9 persen!

Tak heran, Sampaoli membikin N’Zonzi menyandang status sebagai pemain non-kiper dengan jumlah menit bermain tertinggi musim ini (3.067 menit) di klub.

Sepanjang kariernya, N’Zonzi pernah mengisi lima posisi, yaitu gelandang bertahan, gelandang tengah, gelandang serang, gelandang kanan, dan bek tengah.

Namun, Sampaoli sadar betul bahwa sang pilar sangat andal ketika mengisi pos gelandang bertahan. Oleh karena itu, Sampaoli selalu memercayai N’Zonzi mengisi tempat vital tersebut.

Keterampilan N’Zonzi membantu Sevilla merepotkan tamu-tamu raksasa yang berkunjung ke Ramon Sanchez Pizjuan. Tak satu pun dari Real Madrid (44 persen), FC Barcelona (47), dan Atletico Madrid (48) bisa memimpin ball possession di markas Los Nervionenses.


Gelandang Sevilla, Steven N'Zonzi (kanan), mengawal gerakan penyerang Barcelona, Neymar, dalam laga lanjutan La Liga 2016-2017 di Stadion Camp Nou, Barcelona, (5/4/2017).(LLUIS GENE/AFP)


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.770


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X