Rincian Pembagian Uang TV di Premier League 2016-2017

By Dian Savitri - Kamis, 25 Mei 2017 | 17:27 WIB
Para pemain Chelsea merayakan trofi Premier League yang mereka raih sebagai juara musim ini, di Stadion Stamford Bridge, 21 Mei 2017.
Shaun Botterill/Getty Images
Para pemain Chelsea merayakan trofi Premier League yang mereka raih sebagai juara musim ini, di Stadion Stamford Bridge, 21 Mei 2017.

Premier League 2016-2017 sudah kelar dan 20 klub pesertanya boleh bersiap untuk menerima transfer dari pengelola liga. Isi transfer itu adalah uang dari hak siar televisi.

Premier League, seperti yang sudah-sudah, selalu menjadi pemegang rekor untuk ukuran besarnya harga hak siar televisi.

Untuk tiga musim, termasuk musim ini, nilai hak siar televisi menjadi 8,3 miliar pounds atau lebih dari 143 triliun rupiah.

Musim ini, ada sekitar 2,8 miliar pounds yang dibagikan ke Chelsea dan rekan-rekannya.

Perinciannya adalah 1,8 miliar berasal dari siaran domestik di Inggris, sedangkan sisanya berasal dari hak siar yang didapat dari luar Inggris.

Uang televisi dari luar negeri itu dibagi secara merata ke klub peserta.

Baca juga:

Dari televisi domestik, setiap klub langsung mendapat 84,4 juta pounds untuk berlaga di Premier League (lebih dari 1,4 triliun rupiah).

Besaran berikutnya, disebut sebagai merit, dihitung berdasar peringkat di klasemen. Semakin tinggi klasemen, semakin banyak hadiah uang yang didapat.

Besaran ketiga adalah jumlah siaran langsung. Satu siaran langsung dihargai 1 juta pounds dan disebut sebagai facility fee.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Sportskeeda


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X