'Dani Alves' di Sisi Kanan Arsenal

By Anju Christian Silaban - Jumat, 26 Mei 2017 | 18:30 WIB
Gelandang sayap Arsenal, Alex Oxlade-Chamberlain, melakukan selebrasi setelah membobol gawang Burnley dalam laga Premier League, di Stadion Turf Moor, 2 Oktober 2016.
LINDSEY PARNABY/AFP
Gelandang sayap Arsenal, Alex Oxlade-Chamberlain, melakukan selebrasi setelah membobol gawang Burnley dalam laga Premier League, di Stadion Turf Moor, 2 Oktober 2016.

 Pemain sayap Arsenal, Alex Oxlade-Chamberlain, coba mengadaptasi permainan Dani Alves menyusul perubahan formasi timnya menjadi tiga pemain belakang.

Dalam sistem 3-4-3, Chamberlain mendapatkan jatah sebagai sayap kanan. Dia tidak cuma dituntut membantu Mesut Oezil atau Alexis Sanchez ketika menyerang, tetapi juga menutup pergerakan pemain sayap kiri lawan.

Hal itu sempat dipraktikkan Chamberlain ketika Arsenal menang 2-1 atas Manchester City pada semifinal Piala FA di Stadion Wembley, 23 April 2017.

"Lihatlah pemainan Dani Alves belakangan. Dia bukan beroperasi dalam skema lima pemain belakang, melainkan berkontribusi besar dalam penyerangan sekalius pertahanan. Anda harus belajar dari pemain seperti dia," kata Chamberlain.

Baca juga: Pelabuhan Zidane Setelah Hengkang dari Real Madrid

Menurut Chamberlain, gaya Alves juga diadaptasi oleh bek sayap Chelsea dan Tottenham Hotspur. Hasilnya cukup positif karena dua tim yang disebutkan terakhir, meramaikan persaingan gelar Premier League - kasta teratas Liga Inggris - musim ini.

Besar kemungkinan, Chamberlain diplot di posisi serupa saat Arsenal melawan Chelsea pada final Piala FA, Sabtu (27/5/2017).

Hanya, pemain asal Inggris itu belum tentu menjadi starter. Di area kanan, Manajer Arsene Wenger juga memiliki Hector Bellerin yang tampil impresif dalam beberapa laga terakhir.

"Kami berdua sama-sama mampu bermain di posisi itu. Ada periode buruk ketika saya cedera, tetapi Bellerin bermain sangat baik saat itu. Kami menyadari kualitas dia," kata Chamberlain.


Editor :
Sumber : Transfermarkt, FourFourTwo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X