Rapor Atletico Madrid 2016-2017, Peringkat Ketiga Serasa Juara

By Senin, 29 Mei 2017 | 03:11 WIB
Selebrasi Atletico Madrid dalam seremoni juara Liga Europa, 12 Mei 2010.
LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES
Selebrasi Atletico Madrid dalam seremoni juara Liga Europa, 12 Mei 2010.

Tak ada titel juara bagi Atletico Madrid musim ini. Kendati demikian, Los Colchoneros tetap bisa meninggalkan musim 2016/17 dengan kepala tegak plus memberikan salam perpisahan indah kepada kandang legendaris, Vicente Calderon. 

Penulis: Sem Bagaskara

Atletico mengakhiri La Liga musim ini dengan berada di peringkat tiga. Pencapaian itu seperti tak layak disebut prestasi lantaran sejak pelatih Diego Simeone melakoni masa kerja penuh pada 2012/13, Los Colchoneros selalu mampu finis di tiga besar.

Namun, penampilan konsisten duo raksasa, Real Madrid dan Barcelona, plus lesatan Sevilla besutan Jorge Sampaoli menjadikan pencapaian Atletico musim ini terasa lebih spesial.

"Sevilla punya peluang besar lolos langsung ke Liga Champions," tutur Simeone pada Januari silam terkait kans timnya finis di posisi tiga, yang berhadiah tiket ke fase grup LC 2017/18.

Pantang Menyerah

Bukan Atletico asuhan Simeone namanya jika tak punya semangat pantang menyerah. Los Colchoneros sempat terpaut sembilan angka dari Sevilla, yang menghuni peringkat tiga. Jarak itu pelan-pelan bisa mereka pangkas.

"Oe, oa, Sevilla tak berada di Liga Champions," itulah yel-yel yang dinyanyikan fan Atletico saat tim kesayangan mereka menjamu Sevilla pada pekan ke-28 di Vicente Calderon.

Maksud nyanyian suporter Atleti adalah menyindir Sevilla, yang disingkirkan Leicester pada babak 16 besar LC musim ini. Tapi, konteks lantas melebar karena Atletico menang 3-1 pada pertandingan itu.

Baca Juga:

Kemenangan atas Sevilla membangkitkan kepercayaan diri Atleti untuk mengejar posisi ketiga. Antoine Griezmann dkk. akhirnya sukses menyalip Sevilla pada pekan ke-29 dan terus berada di posisi ketiga sampai akhir musim.

Seperti doa fan Los Colchoneros, Sevilla yang finis di undakan keempat bisa saja gagal lolos ke LC musim depan lantaran klub Andalusia itu harus lebih dulu bertempur di fase play-off.

Fan kian terhibur karena pada partai penutup musim di Vicente Calderon, Atleti menang 3-1 atas Bilbao dengan aktor utamanya sang bocah lokal, Fernando Torres.

Salam perpisahan indah kepada Vicente Calderon. Pada musim depan pasukan Simeone akan pindah markas ke Wanda Metropolitano.

Target awal: Tiga besar
Realisasi: Peringkat ketiga
Rapor: 8


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X