Ronaldo Siap Pancang Sederet Rekor Lagi di Final Liga Champions

By Sabtu, 3 Juni 2017 | 20:02 WIB
Selebrasi Cristiano Ronaldo setelah timnya keluar menjadi pemenang La Liga Musim 2016/17  melawan Malaga di La Rosaleda Stadium, 21 Mei 2017.
AITOR ALCALDE/GETTY IMAGES
Selebrasi Cristiano Ronaldo setelah timnya keluar menjadi pemenang La Liga Musim 2016/17 melawan Malaga di La Rosaleda Stadium, 21 Mei 2017.

Manusia rekor. Gelar ini layak disematkan buat Cristiano Ronaldo untuk kiprah di Liga Champions. Khusus musim ini, sejumlah tonggak pencapaian pribadinya terlihat menonjol seiring niat Real Madrid menjadi klub pertama yang mampu mempertahankan gelar di kompetisi premium ini.  

Penulis: Christian Gunawan

Jika saja catatannya lebih dari dua gol di fase grup, Ronaldo mungkin lebih cepat menghasilkan rekor-rekor baru di Liga Champions.

Bagaimanapun, setelah menggila di fase gugur, rekor demi rekor tetap mendatangi pemain berusia 32 tahun itu.

Berikut ini tonggak-tonggak yang muncul musim ini dari penyerang asal Portugal itu, termasuk yang semakin kukuh, dan yang mungkin hadir.

Tonggak Musim ini

  • Sapta Hat-trick

Dengan dua hat-trick, masing-masing di leg kedua perempat final kontra Bayern Muenchen dan leg pertama semifinal versus Atletico (keduanya di Santiago Bernabeu), Ronaldo menyamai catatan Lionel Messi untuk hat-trick tersering, yakni tujuh kali.

Musim ini, kendati sulit, tinggal Ronaldo yang berpeluang melaju.

“Saya ingin memberikan ucapan selamat kepada Cristiano karena keunikannya. Ketika ia tampil bagus, Real Madrid menjadi tim yang berbeda,” puji Zinedine Zidane setelah hat-trick kontra Atleti.


Selebrasi penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, seusai menjebol gawang Malaga dalam lanjutan La Liga pekan terakhir di Stadion La Rosaleda, Malaga, 21 Mei 2017.(JOSE JORDAN / AFP)

  • Assist Lewati Giggsy

Ronaldo tak cuma jagoan gol. Musim ini, eks pemain Manchester United itu menghasilkan lima assist.

Sebuah assist untuk Toni Kroos saat El Real menekuk Napoli di leg pertama 16 besar memberikan rekor baru buat Ronaldo.

Baca Juga: Allegri Vs Zidane, Memori Perugia Kontra Juventus Dua Dekade Silam

Ia menjadi pencatat assist terbanyak dengan 31 assist melewati catatan 30 buah Ryan Giggs.

Assist Ronaldo bertambah lagi menjadi 32 buah di leg kedua untuk bantuan gol Alvaro Morata. Messi, terbanyak ketiga, “hanya” punya 24 buah.

  • Juara Fase Gugur

Ronaldo memantapkan diri sebagai yang paling produktif di fase gugur. Torehannya 52 gol di fase gugur.

Musim ini, predikat tersebut mendapatkan bukti sahih. Delapan dari 10 gol total musim ini dicetak Ronaldo di fase knock-out.

Baca Juga: Barisan Raja Gol Tanpa Mahkota Liga Musim Ini

Artinya, lebih dari 15 persen dari 52 gol itu hadir dari musim ini. Mengesankan! Pesaing terberatnya, Messi, baru mengemas 38 gol di knock-out phase.

Tambahan dari 2016-2017 buat penyerang Barcelona itu hanya sebuah, itu pun dari titik penalti saat Barca menghasilkan comeback luar biasa di Camp Nou meladeni PSG di 16 besar.


Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, mengambil tendangan bebas dalam laga kontra Sevilla di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, 15 Januari 2017(AITOR ALCALDE/GETTY IMAGES)

  • Melejit Terbanyak

Start pelan Ronaldo di fase grup sempat mengancam tempatnya di puncak pencetak gol terbanyak Liga Champions sepanjang masa. Dua gol sampai akhir fase grup menghasilkan total 95 gol.

Messi, dengan 10 gol di fase grup, mendekat hingga selisih tinggal dua gol.

Namun, gas penuh CR7 di fase gugur hingga menghasilkan total 10 gol musim ini menempatkan Ronaldo sebagai pemain tersubur di Liga Champions dengan ukiran 103 gol.

Kapten timnas Portugal itu bisa lebih menjauh lagi dari Messi, yang berada di tempat kedua dengan koleksi 94 gol.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X