Ederson ke Manchester City, Ini Daftar 5 Kiper Termahal di Dunia

By Beri Bagja - Jumat, 2 Juni 2017 | 09:32 WIB
Kiper Benfica, Ederson Santana Moraes, merayakan gol yang dicetak timnya ke gawang Vitoria Guimaraes dalam laga final Piala Portugal 2016-2017 di Estadio da Luz, Lisabon, Portugal, pada 13 Mei 2017.
JOSE MANUEL RIBEIRO / AFP
Kiper Benfica, Ederson Santana Moraes, merayakan gol yang dicetak timnya ke gawang Vitoria Guimaraes dalam laga final Piala Portugal 2016-2017 di Estadio da Luz, Lisabon, Portugal, pada 13 Mei 2017.

Benfica mengumumkan kesepakatan penjualan kiper Ederson Santana de Moraes ke Manchester City pada Kamis (1/6/2017).

Dengan nilai jual 40 juta euro atau setara Rp 598 miliar, pemuda Brasil berusia 23 tahun itu kini tercatat sebagai kiper berharga termahal kedua di dunia.

Sempat muncul kabar bahwa Manchester City berpeluang menjadikan Ederson penjaga gawang berharga tertinggi untuk melampaui Gianluigi Buffon.

Nama yang disebut terakhir dibeli Juventus dari Parma senilai 53 juta euro menjelang musim 2001-2002.

Akan tetapi, konfirmasi harga 40 juta euro untuk transfer Ederson yang dirilis Benfica membuat rekor Buffon batal terlewati.

"Sport Lisboa e Benfica mencapai kesepakatan dengan Manchester City untuk hak transfer atas Ederson Santana de Moraes. Sebanyak 50 persen keuntungan transfer akan diberikan kepada pihak ketiga," tulis pernyataan resmi Benfica.

Pemilihan Ederson merupakan investasi pelatih Manchester City, Josep Guardiola, sebagai opsi pertama di bawah mistar gawang tim.

Guardiola sepertinya tidak yakin akan kemampuan Claudio Bravo. Dia juga melepas Willy Caballero dan menepikan Joe Hart.

Masih berusia muda, Ederson punya prospek menjanjikan. Hanya dua musim di tim senior Benfica, dia membantu klub memetik lima gelar domestik. 

Baca Juga:

Rentetan trofi tersebut ialah juara Liga Portugal (2015-2016, 2016-2017), Piala Portugal (2016-2017), Piala Liga (2015-2016), serta Piala Super (2016).

Musim ini, dia berperan besar mengantar Benfica juara liga sekaligus mencatatkan angka kebobolan terminim dengan 18 gol sepanjang kompetisi.

Soal angka transfer, Ederson pun melampaui nama-nama kondang seperti Manuel Neuer atau David de Gea di daftar kiper termahal di dunia.

Berikut perincian 5 penjaga gawang dengan nilai transfer paling tinggi.

1. Gianluigi Buffon

Kapten Juventus ini masih menduduki kursi teratas dalam daftar kiper termahal di kolong langit. Ia dibeli Juve dari Parma pada musim panas 2001.

Data transfer kala itu masih menggunakan lira atau satuan mata uang Italia. Juventus mengeluarkan jumlah fantastis sebanyak 100 miliar lira buat mengangkut Buffon!

Megatransfer itu kerap dikonversikan menjadi 53 juta euro. Menghitung perkembangan valuasi, inflasi, dan konversi mata uang masa kini, rekor Buffon masih jauh di atas Ederson.

2. Ederson

Selain menjadi kiper termahal kedua dengan label 40 juta euro, Ederson kini tercatat pula sebagai pembelian termahal kedua di klub menjelang musim 2017-2018.

Sebelumnya, Manchester City meresmikan transfer Bernardo Silva dari AS Monaco sebesar 50 juta euro. 


Editor : Beri Bagja
Sumber : transfermarkt, Benfica


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X