Benarkah Dortmund Mencari Pelatih yang Patuh?

By Minggu, 4 Juni 2017 | 22:25 WIB
Gelandang Borussia Dortmund, Marco Reus, mengangkat trofi DFB Pokal dalam parade yang digelar di Borsigplatz, Dortmund, pada 28 Mei 2017.
POOL/GETTY IMAGES
Gelandang Borussia Dortmund, Marco Reus, mengangkat trofi DFB Pokal dalam parade yang digelar di Borsigplatz, Dortmund, pada 28 Mei 2017.

Trofi tak menjamin kelangsungan karier. Thomas Tuchel menjadi korban terakhir. Borussia Dortmund tampak mencari keselarasan di dalam timnya. 

Penulis: Christian Gunawan

Pada Sabtu (27/5), Thomas Tuchel memberikan trofi pertama buat Borussia Dortmund.

DFB Pokal direbut Die Schwarzgelben alias Si Hitam-Kuning setelah mengalahkan Eintracht Frankfurt dengan skor 2-1 di final.

Gelar itu mengobati kekecewaan kubu Dortmund setelah hanya berada di peringkat ketiga Bundesliga musim lalu, plus kekalahan di final DFB Pokal tahun sebelumnya di tangan Bayern Muenchen.

Trofi dari partai puncak yang digelar Olympiastadion Berlin itu akhirnya menjadi satu-satunya yang bisa dipersembahkan Thomas Tuchel buat Dortmund dalam dua tahun pengabdiannya setelah menggantikan Juergen Klopp.

Borussia Dortmund, klub dari Nordrhein-Westfalen, memutuskan mengakhiri kerja sama mereka dengan pelatih berusia 43 tahun itu.

Padahal, kontrak Thomas Tuchel di Borussia Dortmund masih tersisa satu tahun.

Dalam pernyataannya, Dortmund mengatakan bahwa keputusan untuk “secepatnya berjalan ke arah yang berlainan” dibuat dalam pembicaraan dua belah pihak pada Selasa (30/5).

BVB diwakili CEO Hans-Joachim Watzke dan Michael Zorc, Direktur Olahraga. Tuchel datang bersama agennya.

Alasan perpisahan itu tampak berhubungan dengan perseteruan di antara kedua kubu.

Relasi Tuchel dan petinggi klub, terutama Watzke, retak setelah kasus bom di luar stadion yang melukai bek Marc Bartra.

Saat itu, Tuchel berang karena klub tak mengajaknya berunding saat memutuskan laga di Westfalenstadion digelar hanya sehari setelah penangguhan.

Sanggahan Dortmund bahwa keretakan hubungan itu bukan alasan pemutusan kontrak pun terdengar sumir.

Karena gelar di DFB Pokal itu, pemecatan Tuchel yang keluar tiga hari setelah final tersebut terasa mengagetkan.

“Saya bersyukur untuk dua tahun yang indah, meriah, dan menyenangkan. Sayang tak bisa berlanjut. Terima kasih kepada suporter, tim, staf, dan semua yang mendukung kami. Semoga BVB meraih yang terbaik. TT,” demikian tulis Tuchel di Twitter untuk salam perpisahannya.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X