Mercedes Sedang Alami Kesulitan di Tikungan Lambat

By Sabtu, 10 Juni 2017 | 17:50 WIB
Pebalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, melewati ujung terowongan sirkuit Monte-Carlo, Monaco, dalam sesi latihan GP Monaco 2017 pada (27/5/2017).
MARK THOMPSON/GETTY IMAGES
Pebalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, melewati ujung terowongan sirkuit Monte-Carlo, Monaco, dalam sesi latihan GP Monaco 2017 pada (27/5/2017).

Mercedes tampaknya tak bisa menyalahkan siapa pun terkait kondisi mereka kini. Dari tim dominan di era hibrida sejak 2014 menjadi tim yang mudah keteteran di kondisi tertentu.

Penulis: Arief Kurniawan

Dominasi Mercedes sejak 2014 itu bermakna mereka mampu menang di mana saja, dengan karakter sirkuit bagaimana pun, plus cuaca seekstrem apa pun.

Kini, mereka tak memiliki kondisi seperti itu lagi. Mereka sedang sangat sengsara di sirkuit yang memiliki tikungan-tikungan lambat atau yang butuh akselerasi bagus saat keluar tikungan.

Lebih spesifik lagi adalah trek dengan karakter seperti sirkuit jalan raya, sempit, dan berliku.

Kondisi ini menimpa pebalap mereka, Lewis Hamilton di Rusia dan Monako. Meski Valtteri Bottas mampu menang di Rusia dan lumayan kompetitif di Monako, secara umum problem masih sangat terlihat.

Hamilton sangat kesulitan bila harus bertarung dengan ban belakang yang cepat panas. Di lintasan yang memiliki tikungan cepat seperti Circuit de Barcelona-Catalunya di Spanyol itu tak masalah, tapi di Montreal yang bakal jadi tuan rumah GP Kanada, Minggu (11/6/2017), cerita bakal lain.

Hamilton malah sangat mungkin mengulang insiden yang ia alami di Sirkuit Sochi (Rusia) dan Sirkuit Monte Carlo (Monako). Dalam banyak hal Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Kanada memiliki kemiripan dengan dua sirkuit di atas.

"Beberapa perbaikan bisa kami selesaikan segera, tapi ada juga yang butuh waktu lebih lama," kata bos Mercedes, Toto Wolff. Pria Austria ini mengakui bahwa saat ini timnya berstatus underdog, bukan lagi unggulan.

Masalah terbesar Mercedes saat ini adalah mobil W08  musim ini tidak mampu menciptakan kondisi di mana penggunaan ban maksimal dalam rentang tertentu.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.775


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X