Pemain Naturalisasi Membuat Bimbang Sepak Bola Malaysia

By Senin, 12 Juni 2017 | 14:21 WIB
Gelandang timnas Malaysia yang lahir di Australia, Brendan Gan Seng Ling (depan) dalam sebuah laga skuat Harimau Malaya kontra Arab Saudi pada laga Asian Games 2014 di Stadion Goyang, Incheon, Korea Selatan pada 21 September 2014.
STANLEY CHOU/GETTY IMAGES
Gelandang timnas Malaysia yang lahir di Australia, Brendan Gan Seng Ling (depan) dalam sebuah laga skuat Harimau Malaya kontra Arab Saudi pada laga Asian Games 2014 di Stadion Goyang, Incheon, Korea Selatan pada 21 September 2014.

JUARA.net – Sepak bola Malaysia yang sedang tak bagus ingin bangkit. Namun, cara instan melakukan naturalisasi pesepak bola membuat mereka justru bimbang dan ragu.

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menegaskan tidak tertarik untuk mendapatkan jasa pemain naturalisasi. Jika pesepak bola itu yang tidak memiliki hubungan susur galur dengan Negeri Jiran.

FAM dalam sebuah pernyataan Minggu (11/6/2017) malam mengatakan, pihaknya hanya akan memberi lampu hijau kepada pemain berdarah campuran.

Pemain naturalisasi Malaysia harus memiliki pertalian darah dan ada hak kelahiran untuk bermain bagi negara itu.

"Ini juga seperti melakukan sabotase ke semua perencanaan pembinaan kami berbasis ke masa depan."

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM)

FAM juga menganggap bahwa membuka pintu kepada pemain naturalisasi juga akan menghancurkan masa depan dan peluang pesepak bola muda. Apalagi, Malaysia kini sedang membangun pembinaan.

”Kami tidak bisa puas dengan semangat untuk meningkatkan mutu sepak bola dengan memilih pemain naturalisasi. Ini juga seperti melakukan sabotase ke semua perencanaan pembinaan kami berbasis ke masa depan,” bunyi pernyataan FAM.

”Kabijakan untuk melakukan naturalisasi yang berlebihan sangat bahaya. Situasi ini berbeda dalam isu pemain berdarah campuran karena mereka memiliki hak kelahiran di sini,” tuturnya, seperti yang dikutip dari kantor berita Malaysia, Bernama.

Namun, FAM menegaskan pemain naturalisasi bisa dilakukan oleh siapa saja. Asal, pesepak bola itu telah memenuhi sejumlah kriteria. Sebab, hak mereka sama dengan proses naturalisasi warga lain.

Baca juga:

Hanya khusus sepak bola, FAM sangat berhati-hati. Sebab, pemain naturalisasi bisa saja hanya memanfaatkan paspor Malaysia mereka untuk kemudahan pribadi saja.


Editor : Estu Santoso
Sumber : Sinar Harian


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X