Piala Konfederasi 2017, Motivasi Lanjutan Momentum Ronaldo

By Sabtu, 17 Juni 2017 | 19:45 WIB
Megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi setelah mencetak gol pembuka kemenangan atas Latvia di laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Skonto, Jumat (9/6/2017) waktu setempat.
JANEK SKARZYNSKI/AFP
Megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi setelah mencetak gol pembuka kemenangan atas Latvia di laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Skonto, Jumat (9/6/2017) waktu setempat.

Apa yang kurang dari pencapaian Cristiano Ronaldo? Piala Konfederasi adalah salah satu yang belum hadir di daftar prestasinya. Pertanyaan buat Ronaldo di Rusia 2017 nanti adalah tentang motivasi. Portugal layak lega. Ronaldo masih menggenggam banyak ambisi. 

Penulis: Christian Gunawan

Cristiano Ronaldo telah menuntaskan banyak hal. Di level klub, ia meraih banyak gelar. Bersama timnas Portugal, ia menorehkan pencapaian yang bahkan legenda seperti Eusebio atau Luis Figo tak bisa melakukannya.

Pada musim panas lalu, Portugal meraih gelar besar pertama sepanjang sejarah mereka, Piala Eropa 2016.

Jika CR7 menginginkan gelar lagi bersama Portugal, Piala Konfederasi menjadi pilihan yang masuk akal. Pertimbangannya bisa beragam.

Persaingan di Rusia 2017 menjadi lebih ringan bagi kubu yang ingin menambahkan Piala Konfederasi ke dalam daftar prestasi.

Jerman tampak bukan salah satu dari peminat. Juara bertahan Piala Dunia itu diperkuat cukup banyak wajah kurang berpengalaman.

Pemain paling berpengalaman yang dibawa Joachim Loew adalah Julian Draxler dengan 30 penampilan di timnas, diikuti Jonas Hector (29 penampilan).

Sisanya belum mencapai angka 20 penampilan, dengan yang terdekat adalah Skhodran Mustafi (16), Joshua Kimmich (15), Sebastian Rudy (15), Antonio Rudiger (13), dan tiga pemain dengan 10 cap.

Pesaing terberat berikutnya adalah Cile. Juara Copa America 2015 itu praktis mengandalkan Alexis Sanchez dan Arturo Vidal.

Cile bisa tampil tanpa daya bila keduanya dimatikan. Portugal, dengan bukti kejadian di final Euro 2016, masih bisa tampil mengesankan tanpa bintang terbesarnya, Ronaldo.

Dus, Piala Konfederasi nanti menjadi sasaran yang masuk akal. Lebih masuk akal daripada turnamen setahun kemudian.

Baca Juga:

Tak keliru bila Ronaldo berpikir bahwa trofi Piala Dunia 2018 bakal sulit diraih Portugal. Jagoan-jagoan dari Amerika Selatan seperti Brasil dan Argentina menambah sukar persaingan mengangkat piala emas itu.

Dari Benua Biru, Jerman dengan kekuatan terbaiknya, Spanyol, Italia, atau Inggris tetap layak menjadi favorit di Rusia tahun depan.

Bagaimanapun, Ronaldo bukan tipe pemain yang berusaha mengekang hasrat untuk mencapai titik tertinggi.

Ia tak pernah melewatkan kesempatan mendulang banyak prestasi. Bicara ambisi, pemain asal Madeira ini senantiasa mencoba menjadi yang terbaik di dunia.

Bila ukuran terbaik di muka bumi itu adalah Ballon d’Or dari France Football atau The Best FIFA Men’s Player versi FIFA, maka ia akan berambisi menjadi peraih tersering.


Cristiano Ronaldo dan Clarence Seedorf menunjukkan empat jari menunjukkan jumlah trofi Liga Champions yang diraih seusai laga final kontra Juventus di Stadion Millenium, Sabtu (3/6/2017). (ADRIAN DENNIS/AFP)

Sehubungan dengan Piala Konfederasi, Ronaldo sepertinya tahu bahwa pencapaian di ajang ini, kendati sering disebut sebagai Piala Dunia Mini, tak menjadi bahan penilaian untuk pemilihan pemain terbaik dunia itu.

Penyerang kelahiran 5 Februari 1985 itu hadir di Rusia dengan latar kesuksesan di Real Madrid.

Ia menjadi figur penting keberhasilan raksasa Spanyol itu mencetak sejarah di Liga Champions, yakni klub pertama yang berhasil mempertahankan gelar juara selain menjauh sebagai yang tersukses dengan 12 gelar.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X