Liga U-19, Mencari Bentuk Pembinaan

By Minggu, 18 Juni 2017 | 02:43 WIB
Pertemuan PT LIB dengan perwakilan 18 klub peserta Liga U-19 di Hotel The Park Lane, Jakarta, Rabu (14/6/2017).
SEGAF ABDULLAH/JUARA.NET
Pertemuan PT LIB dengan perwakilan 18 klub peserta Liga U-19 di Hotel The Park Lane, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Bersama PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB) merancang sebuah kompetisi untuk usia muda bertajuk Liga U-19. Peserta kompetisi tersebut merupakan tim U-19 dari klub-klub yang berlaga di Liga 1.

Penulis: Ferry Tri Adi

Pertandingan pembuka rencananya digelar pada 8 Juli 2017 antara Persija versus Sriwijaya FC di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat. Final diagendakan berlangsung pada 29 Oktober 2017.

Liga U-19 ini merupakan ajang federasi mencari bentuk pembinaan sepak bola nasional. Selama ini, publik sepak bola akrab dengan Liga U-21.

Namun, usia di bawah 21 tahun dianggap sudah tak relevan jika berbicara pembinaan.

“Pemain bisa naik-turun tim karena sudah otomatis tersambung ke tim senior."

COO PT LIB, Tigorshalom Boboy

“Ini merupakan program murni dari PSSI. Sebetulnya liga ini ‘terbengkalai’ karena sudah direncanakan sejak Liga Super Indonesia 2008. Kompetisi U-21 bukan lagi youth development. Usia tersebut sudah masuk tim reserve senior,” tutur Tigorshalom Boboy, Chief Operating Officer (COO) PT LIB.

"Rencananya tahun pertama ini kami mau lihat dulu perkembangannya. Sekarang memang masih khusus buat tim Liga 1. Namun, namanya pembinaan semua klub harus ikut berandil. Jadi, kemungkinan tahun kedua atau ketiga bisa melibatkan semua klub, baik itu Liga 2 maupun Liga 3," ucapnya.

Kompetisi ini sekaligus menjadi bagian program PSSI untuk menyambungkan turnamen di bawahnya. Federasi ingin hasil dari Piala Suratin U-17 tidak “menganggur” karena langsung disalurkan ke Liga U-19.

Memaksa Klub Internal

Liga U-19 tahun ini merupakan musim perdana. Klub-klub peserta pun saat ini masih diperbolehkan mengambil pemain dari mana saja.


Editor : Estu Santoso
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X