Bursa Pelatih Ligue 1: Euforia Bielsa Sampai Sepak Bola ala Barca

By Kamis, 22 Juni 2017 | 10:42 WIB
Pelatih Monaco, Leonardo Jardim, melambaikan tangan kepada fan di Monaco saat merayakan keberhasilan mereka meraih gelar juara Ligue 1 dalam 17 tahun terakhir.
BERTRAND LANGLOIS/AFP
Pelatih Monaco, Leonardo Jardim, melambaikan tangan kepada fan di Monaco saat merayakan keberhasilan mereka meraih gelar juara Ligue 1 dalam 17 tahun terakhir.

Suporter Lille barangkali sangat tak sabar menantikan Ligue 1 2017/18. Euforia melingkupi fan Les Dogues seiring kedatangan pemilik anyar asal Luksemburg, Gerard Lopez. Lopez membawa sebuah revolusi. 

Penulis: Sem Bagaskara

Ia menunjuk pelatih eksentrik, Marcelo Bielsa, untuk menukangi tim pada 2017/18. Bielsa terkenal dengan filosofi sepak bola ofensif yang sedap dipandang mata.

Tak cuma Bielsa, Lille juga mencaplok otak di balik sejumlah transfer jenius AS Monaco dalam beberapa tahun belakangan, Luis Campos.

Ia menjabat pos Direktur Olahraga Lille. Les Dogues, juara Ligue 1 2010/11, dipercaya bukan menjadi satu-satunya tim yang memperagakan sepak bola atraktif pada musim depan. Saint-Etienne kini punya Oscar Garcia di bangku pelatih.

Pria asal Spanyol itu menggantikan Christophe Galtier, yang memutuskan untuk tak memperpanjang masa pengabdian bersama Les Verts. Kehadiran Garcia juga memicu euforia.

Ia adalah murid langsung dari legenda Barcelona dan Belanda, Johan Cruyff. Garcia sempat tiga musim membela Barca asuhan Cruyff, tepatnya pada rentang 1993-1996. Ia kemudian menjadi asisten Cruyff di tim nasional Catalonia pada 2009-2010.

"Cruyff adalah guru terbaik dengan filosofi yang sangat jelas. Saya belajar banyak darinya ketika masih bermain maupun saat duduk bersebelahan dengannya di bangku cadangan," kata Garcia. Sudah barang tentu jika sepak bola cantik menjadi identitas Garcia.

"Saya suka gaya ofensif sebab itulah cara terbaik meraih kemenangan. Saya ingin tim menguasai permainan dan lawan menyesuaikan diri dengan kami. Kami harus menerapkan pressing tinggi dan merebut bola dalam waktu lima detik," tutur Garcia seperti dilansir L'Equipe.

Baca Juga:

Drastis


Editor : Estu Santoso
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X