Tradisi Pulang Kampung Pesepak Bola asal Tulehu

By Anju Christian Silaban - Sabtu, 24 Juni 2017 | 22:01 WIB
Para pesepak bola asal Tulehu berlatih di Lapangan Matawaru, Maluku Tengah, Sabtu (24/6/2017).
ISTIMEWA
Para pesepak bola asal Tulehu berlatih di Lapangan Matawaru, Maluku Tengah, Sabtu (24/6/2017).

 Para pesepak bola dari Tulehu, sebuah desa di Maluku Tengah, kembali menjalankan tradisi yang sudah berlangsung bertahun-tahun, pada Hari Raya Idul Fitri 2017.

Mereka memanfaatkan libur dari klub untuk pulang kampung bersama ke tanah asalnya. Di sana, mereka menggelar sejumlah pertandingan ekshibisi untuk menghibur masyarakat Tulehu.

"Seperti Boxing Day di Inggris. Di sana, penonton kan mendapatkan hiburan berupa sepak bola setelah Natal," kata eks gelandang tim nasional (timnas) Indonesia, Imran Nahumarury, kepada Kompas.com dan JUARA, Sabtu (24/6/2017).

"Kami juga ingin memberikan hal yang sama kepada masyarakat Tulehu. Cuma, mereka bebas mau membayar berapa, Rp 1.000 juga boleh, seikhlasnya saja. Uang yang terkumpul akan disumbangkan ke masjid," ujar dia.

Untuk menggelar tontonan tersebut, Tulehu memang memiliki sumber daya melimpah. Begitu banyak pesepak bola dari sana yang berkiprah di kompetisi nasional, mulai dari Liga 1, Liga 2, hingga Liga 3.

Turut serta pemain top seperti Ridwan Tawainella, Rizky Pellu (PSM Makassar), Abduh Lestaluhu (PS TNI), dan Ramdani Lestaluhu (Persija Jakarta).

Cuma Hamsa Lestaluhu yang tidak pulang ke Tulehu. Sebab, pemilik nama terakhir harus menetap bersama timnas U-16 di mess Senopati Kopassus Cijantung.

Timnas U-16 asuhan Fakhri Husaini memang dijadwalkan menjalani latihan menjelang Piala AFF U-15 di Thailand. Mereka bakal bertolak dari Jakarta pada Selasa (4/7/2017).

"Tahun ini terasa lebih lengkap. Sekitar 70 pemain terlibat untuk pertandingan ini," ujar Imran.

Baca: Asal-usul "Jepang" di Timnas U-16


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X