Indonesia U-16, Rehabilitasi Fisik dan Pembekalan Mental

By Kamis, 6 Juli 2017 | 13:04 WIB
Gelandang Indonesia U-16, Muhammad Uchida (kiri), bersama rekan-rekan setimnya tengah berlatih di Lapangan Atang Sutresna, Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (21/6/2017).
FERNANDO RANDY/BOLA/JUARA.NET
Gelandang Indonesia U-16, Muhammad Uchida (kiri), bersama rekan-rekan setimnya tengah berlatih di Lapangan Atang Sutresna, Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (21/6/2017).

Persiapan tim nasional Indonesia U-16 menjelang Piala AFF U-15 2017 di Thailand mendekati final. Agenda latihan tak lagi menguras fisik lantaran pelatih Fakhri Husaini memusatkan perhatian kepada pemulihan kondisi para pemain selepas menjalani libur Lebaran. 

Penulis: Indra Citra Sena

Karena itu, Fakhri hanya menggelar satu laga uji coba sebelum bertolak ke Thailand. Namun, timnas U-16 akan menghadapi dua lawan berbeda per babak sesuai keinginan sang pelatih, yakni Bina Taruna U-16 dan Persija U-16, pada Selasa (4/7) di Stadion Atang Sutresna, Cijantung.

Perinciannya, timnas U-16 bakal beradu dengan Bina Taruna U-16 di babak pertama lalu gantian meladeni Persija U-16 sepanjang 45 menit berikutnya. Fakhri berniat menguji kemampuan teknik para pemain serta daya tangkap mereka terkait taktik dan strategi.

“Latihan-latihan fisik sudah mulai dikurangi dengan memasukkan banyak menu latihan taktik menuju pertandingan. Kenapa begitu? Karena kami mempertimbangkan kebugaran pemain. Berhubung waktu keberangkatan kami sudah dekat, persiapan juga harus diperhitungkan,” ujar Fakhri.

Tak melulu teknis, Fakhri tidak lupa memperkuat sisi nonteknis timnas U-16, yakni mentalitas pemain. Salah satu caranya dengan menyambangi Rumah Perubahan yang berlokasi di Jalan Mabes 2, Jatimurni, Pondok Melati, Jawa Barat, pada Minggu (2/7).

Baca Juga:

Dalam kunjungannya, Brylian Aldama dkk. memetik pelajaran berharga, antara lain mematangkan mental pemain dan menjaga motivasi setelah menyimak pemaparan yang disampaikan oleh Rhenald Kasali selama lebih kurang dua jam.

Mereka juga diajak melakukan berbagai macam permainan dan berwisata mengelilingi tempat yang luasnya kurang lebih tujuh hektar dan berisikan berbagai macam flora dan fauna layaknya Kebun Raya Bogor mini tersebut.

“Banyak pengetahuan baru dari pelatihan hari ini. Sebagai pemain muda, mereka perlu belajar banyak hal. Bukan hanya soal sepak bola, melainkan pengelolaan diri dan pribadi mereka masingmasing,” kata Fakhri.

Di Piala AFF U-15, Garuda Asia tergabung dalam Grup A bersama Australia, Laos, Myanmar, Singapura, dan Thailand. Pertandingan pertama kontra Myanmar berlangsung pada Minggu (9/7).


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X