Legenda FC Bayern: Jerman Tak Akan Juara Piala Dunia 2018

By Beri Bagja - Minggu, 9 Juli 2017 | 10:33 WIB
Giovane Elber (kanan) berpose dengan Indriyanto Nugroho seusai memberikan materi pelatihan di acara coaching clinic Allianz Junior Football Camp di Lapangan Mabak, Jakarta, 8 Juli 2017.
BERI BAGJA/JUARA.NET
Giovane Elber (kanan) berpose dengan Indriyanto Nugroho seusai memberikan materi pelatihan di acara coaching clinic Allianz Junior Football Camp di Lapangan Mabak, Jakarta, 8 Juli 2017.

Giovane Elber (44) mencapai titik ketenaran ketika membela klub Bundesliga Jerman, Stuttgart (1994-1997) dan FC Bayern Muenchen (1997-2003). Eks striker tajam asal Brasil ini pun menyuarakan opini terkait kiprah timnas Jerman.

Poin yang dibahas JUARA.net bersama Giovane Elber ialah mengenai kesuksesan timnas Jerman mengawinkan gelar Piala Eropa U-21 dan Piala Konfederasi 2017.

Khusus trofi Piala Konfederasi, Jerman meraihnya dengan skuat eksperimental dan minim sekali pemain bintang.

Elber mengungkapkan faktor pendukung Die Mannschaft berjaya di dua kejuaraan level usia berbeda tersebut.

"Jerman memang luar biasa. Prestasi ini merupakan hasil proyek jangka panjang yang mereka bangun, bukan kesuksesan instan," kata pengoleksi 139 gol dalam 265 penampilan untuk FC Bayern tersebut pada sela acara coaching clinic Allianz Junior Football Camp 2017 di Jakarta, Sabtu (8/7/2017). 


Pemain timnas Jerman merayakan kesuksesan menjuarai Piala Konfederasi 2017 seusai menekuk Cile dalam laga final di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Rusia, 2 Juli 2017.(FRANCK FIFE / AFP)

Proyek yang dimaksud Elber terkait pematangan skuat mereka dalam sedekade terakhir.

"Pada Piala Dunia 2010, Jerman tampil dengan banyak pemain muda. Hanya, mereka tersingkir oleh Spanyol di semifinal. Empat tahun kemudian, sejumlah pemain muda itu semakin matang dan akhirnya membantu Jerman juara Piala Dunia 2014 di Brasil," ucap Elber.

"Tahun ini, bukan kebetulan pula mereka juara di dua turnamen berbeda. Semuanya merupakan hasil perencanaan jangka panjang," katanya.

Baca Juga:


Editor : Beri Bagja
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X