Girona, Klub Spanyol Rasa Inggris dari Catalonia

By Rabu, 12 Juli 2017 | 13:17 WIB
Pemain Girona FC, Ricardo Alvarez (tengah), mempertahankan bola dari incaran pemain Eibar dalam pertandingan Segunda Division Spanyol di Estadia Montilivi, Girona, Spanyol, pada 25 January 2014.
JOSEP LAGO/EUROFOOTBALL/GETTY IMAGES
Pemain Girona FC, Ricardo Alvarez (tengah), mempertahankan bola dari incaran pemain Eibar dalam pertandingan Segunda Division Spanyol di Estadia Montilivi, Girona, Spanyol, pada 25 January 2014.

Klub Catalonia bertambah satu di kasta Primera: UD Girona. Waspada, Espanyol dan Barcelona! Girona siap untuk menjadi kekuatan anyar kendati baru promosi untuk pertama kali sepanjang sejarahnya. 

Penulis: Rizki Indra Sofa

Hampir sembilan dasawarsa klub ini berdiri, mereka tak pernah bisa merasakan kompetisi level tertinggi di sepak bola Spanyol. Girona sempat tiga kali dekat dengan kejayaan itu, pada 2013, 2015, dan 2016.

Namun, asa selalu kandas di play-off promosi. Di Segunda A Division 2016/17, Girona selangkah lebih maju, finis peringkat dua. Mereka bekerja ekstra keras terus menjaga posisi tetap di nomor dua sejak pekan ke-15!

Wilayah yang kerap lebih populer dengan restoran kelas dunia dan lokasi buat pengambilan gambar serial televisi populer Game of Thrones itu kini punya representasi di La Liga.

Kesuksesan ini tidak lepas dari kedekatan Girona dengan klub EPL Inggris, Manchester City. Kerja sama kedua klub memungkinkan City mengirim tujuh nama dengan status pinjaman ke Girona dalam dua musim terakhir.

Kerja sama berpotensi makin erat mengingat City dan Pere Guardiola (kakak Josep Guardiola) melalui Media Base Sports, sedang dalam proses akuisisi Girona ke dalam City Football Group.

Baca Juga:

Girona bisa mengikuti jejak Melbourne FC di Australia, New York FC di AS, dan NAC Breda di Belanda sebagai partner Man. City. Prospeknya bagus buat Girona. Tak hanya bisa memperkuat diri untuk menjaga eksistensi klub di kasta Primera lewat pinjaman para pemain muda City, tapi juga lewat pembelian pemain langsung.

Satu sosok sudah bergabung ke Estadi Montilivi, maskas Girona dengan kapasitas kurang dari 10 ribu bangku. Orang itu adalah bek asal Kolombia, Bernardo Espinosa. Musim lalu, Espinosa bermain buat Middlesbrough.

Bek tengah jebolan akademi Sevilla ini diikat dengan kontrak empat tahun. Ia menjadi rekrutan kedua setelah eks kiper Athletic Bilbao, Gorka Iraizoz. Menariknya, City Football Group yang dikabarkan membayar biaya transfer Espinosa dari The Boro.

Direktur Sepak Bola City, Txiki Begiristain, bahkan ikut turun tangan langsung buat membereskan proses transfer. Espinosa disebut bukan yang terakhir. City Football Group siap menyuntikkan dana buat mengubah Girona menjadi kekuatan baru di Catalonia.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X