5 Kunci Sukses Chris Froome pada Tour de France 2017

By Nugyasa Laksamana - Selasa, 25 Juli 2017 | 21:13 WIB
Chris Froome Mencium Piala Tour De France 2017
Chris Froome Mencium Piala Tour De France 2017

Pebalap sepeda Inggris, Chris Froome, kembali tampil sebagai juara pada ajang Tour de France (TdF) 2017. Kerja sama tim dan kepiawaian strategi menjadi beberapa kunci sukses Froome tahun ini.

Apalagi, Froome menyabet gelar keempat kalinya di lomba bergengsi ini dengan hanya unggul 54 detik atas pebalap Kolombia, Rigoberto Uran.

Itulah selisih waktu paling tipis dari empat kali memenangi TdF. Saat pertama kali menjuarai TdF pada tahun 2013, Froome unggul lebih dari empat menit atas Nairo Quintana (Kolombia).

Tahun 2015, Froome juga masih bisa menang dengan catatan waktu 1 menit 12 detik lebih cepat dari Quintana. Tahun lalu, saat mencapai podium tertinggi, Froome bisa menang dengan selisih waktu 4 menit 5 detik atas pebalap Prancis, Romain Bardet.

Menurut para pengamat sepeda, ada lima kunci yang membuat Froome dan Team Sky unggul pada TdF tahun ini.

Berikut ini adalah lima kunci sukses Froome dan Team Sky.

1. Manajemen lomba dan konsentrasi tinggi

Froome mampu memperlihatkan daya juang tinggi, termasuk di rute pegunungan seperti di Mur de Peguere, Izoard, yang membuat para pesaingnya percaya ia bisa menaklukkan medan tanjakan dengan baik.

Pebalap berusia 32 tahun ini juga selalu berjuang setiap detik dan tak pernah menyerah di setiap kesempatan.

2. Dukungan hebat dari tim

Team Sky dikenal sebagai pemenang tour sehingga mereka sudah tahu cara mendukung pebalap utama memenangi lomba. Ini merupakan gelar juara keempat pula bagi tim asal Inggris itu.

Salah satu dukungan yang diberikan Sky adalah saat Froome mengganti ban di rute menuju Le Puy en Velay. Beberapa pebalap Sky menunggu Froome dan mampu merangsek ke urutan depan peleton, meski sempat tertinggal beberapa menit.

3. Keberuntungan

Bisa jadi Froome memang dilindungi dewi fortuna. Pasalnya, rekan satu tim, Geraint Thomas, dan pesaing utamanya, Richie Porte, sudah terhenti di tengah lomba karena kecelakaan.

Pun dengan gugurnya pebalap top seperti Mark Cavendish dan Peter Sagan, plus Nairo Quintana yang keteteran.


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X