Pesan Penting Usain Bolt Menjelang Pensiun dari Atletik

By Nugyasa Laksamana - Rabu, 2 Agustus 2017 | 22:01 WIB
Pelari asal Jamaika, Usain Bolt, berpose depan fotografer setelah ia menjuarai nomor 100 meter di IAAF Diamond League di Monako, 21 Juli 2017.
VALERY HACHE/AFP
Pelari asal Jamaika, Usain Bolt, berpose depan fotografer setelah ia menjuarai nomor 100 meter di IAAF Diamond League di Monako, 21 Juli 2017.

Pelari asal Jamaika, Usai Bolt, mengimbau para atlet untuk berhenti mengonsumsi doping karena dapat mengancam kelangsungan olahraga atletik.

Bolt, yang pernah meraih delapan medali emas Olimpiade, berencana pensiun setelah mengikui Kejuaraan Dunia Atletik 2017 di London, Inggris, 4-13 Agustus.

Ia berpesan kepada para atlet yang lebih muda untuk menjunjung tinggi sportivitas dan menghindari penggunaan doping.

Keprihatinan Bolt tersebut didasari oleh kasus doping yang melibatkan atlet Rusia pada Olimpiade London 2012.

Baca juga:

"Mudah-mudahan atlet bisa melihat apa yang sedang terjadi dan tahu apa yang harus dilakukan untuk membantu olahraga ini bergerak maju," ucap Bolt.

"Saya kira kejadian beberapa tahun lalu benar-benar buruk. Doping selalu menjadi hal yang buruk dan tak pernah menyenangkan," tutur pria 30 tahun itu.

Bolt pernah berurusan secara tidak langsung dengan doping yang menyebabkan jumlah medali emas Olimpiade miliknya berkurang.

Pada Olimpiade Beijing 2008, Bolt memenangi tiga medali emas dari nomor perlombaan 100 meter (m), 200m, dan estafet 4x100m.

Namun, medali emas dari nomor estafet 4x100m akhirnya dicabut setelah rekan senegara Bolt, Nesta Carter, terbukti menggunakan doping.


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : BBC Sport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X