Spa-Francorchamps, Sirkuit yang Penuh dengan Tantangan

By Nugyasa Laksamana - Jumat, 25 Agustus 2017 | 17:36 WIB
Pebalap Indonesia dari tim Pertamina Arden, Sea Gelael.
Jagonya Ayam
Pebalap Indonesia dari tim Pertamina Arden, Sea Gelael.

Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia bakal menjadi penyelenggara seri kedelapan FIA Formula 2 2017. Bagi para pebalap, lintasan ini dinilai menantang.  

Sirkuit ini merupakan yang terpanjang dalam kalender balapan F2 dan F1 karena terdapat 19 tikungan dan sebagian besar merupakan tikungan cepat.

Para pebalap punya banyak kesempatan untuk melakukan overtake atau menyalip pesaing mereka di sirkuit ini.

Salah satu bagian paling menantang di sirkuit ini adalah Eau Rouge yang harus dihadapi para pebalap setelah melewati tikungan 1 (La Source hairpin).

Di Eau Rouge, para pebalap harus melewati kombinasi tikungan ke kiri-kanan-kiri dengan tanjakan dan turunan.

Setelah Eau Rouge, para pebalap ditantang memacu mobil dengan kecepatan maksimal saat melewati lintasan lurus Kemmel sepanjang 2 kilometer.

Tantangan lain dari balapan di Belgia adalah cuaca yang berubah-ubah. Bisa jadi hujan akan turun sepanjang akhir pekan, atau tidak sama sekali.

Bahkan, bisa saja hujan terjadi di beberapa area sirkuit, sedangkan di area yang lain lintasan tetap kering pada saat bersamaan. Tim dan pebalap harus menyiapkan strategi untuk menghadapi semua kemungkinan yang terjadi.

Pebalap Indonesia dari tim Pertamina Arden, Sean Gelael, akan turun untuk kali ketiga di Sirkuit Spa-Francorchamps dengan mobil F2 (sebelumnya bernama GP2 Series).

Pada 2015, Sean belum terdaftar sebagai pebalap tetap. Bersama Carlin, dia finis di urutan ke-20 pada balapan pertama (feature race) dan ke-21 pada balapan kedua (sprint race).


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : JAGONYA AYAM


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X