Begini Alur Pencairan Dana Atlet untuk SEA Games 2017

By Delia Mustikasari - Kamis, 31 Agustus 2017 | 15:32 WIB
Gatot S Dewabroto wakili Menpora hadir di Kongres PSSI di Hotel Mercure, Kamis (10/11/2016).
SEGAF ABDULLAH/JUARA.NET
Gatot S Dewabroto wakili Menpora hadir di Kongres PSSI di Hotel Mercure, Kamis (10/11/2016).

Atlet tolak peluru Indonesia, Eki Febri Ekawati, menjadi perbincangan banyak pihak setelah mengakui di akun Instagram miliknya bahwa dia belum mendapat uang akomodasi sejak Januari-Agustus 2017.

Meski belum mendapat haknya, Eki mempersembahkan medali emas pada SEA Games 2017 setelah mencatat lemparan sejauh 15,39 meter pada pertandingan yang digelar 25 Agustus, lalu.

 

Allegedly SEA Games 2017 Gold Medallist Eka Febri Ekawati (shot put) shared her concern. The government of Indonesia was said to have not distributed the stipend for accomodation and/or other expenses to the athletes since January. Wondering if this is true? Indonesian: Ini ada yang diduga sebagai mbak Eki Febri Ekawati, peraih Medali emas untuk Indonesia dari nomor tolak peluru putri di SEA Games 2017 menyatakan begini. Ga tahu benar ga ya.....? Pak @nahrawi_imam mungkin bisa konfirmasi atau bantu cek Pak? Credit: Badminton News flash. #athlete #kualalumpur #malaysia #seagames2017 #gold #medal #emas #juara #champion #winner #brilliant #amazing  #incredible #awesome #crazy #asian #allthebest #ganteng #badminton #badmintonplayer #love #indonesia  #bulutangkis #羽毛球 #バドミントン #배드민턴

Sebuah kiriman dibagikan oleh Badminton Talk (@badmintalk_com) pada

 

Sekretaris Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S Dewabroto meminta maaf atas kejadian yang dialami Eki.

Dia menjelaskan alur keterlambatan pencairan dana pada SEA Games 2017.

"Kami mohon maaf atas kejadian yang Eki alami. Saya apresiasi atas medali emas yg diperoleh, namun kami sedih dan malu karena Eki belum menerima uang akomodasi. Saya sudah perintahkan pejabat terkait untuk menyelesaikan masalah tersebut," ujar Gatot.

Gatot kemudian menelusuri internal Kemenpora untuk mengetahui penyebab keterlambatan pencairan dana akomodasi atlet selama persiapan SEA Games 2017.

"Kami akui dalam beberapa bulan terakhir ini ada persoalan terkait honor, peralatan, akomodasi dan try out atlet Program Indonesia Emas (Prima)," ucap Gatot.

"Satu per satu sudah mulai terurai sejak Mei 2017 dari honor atlet, sebagian try out pada Juni 2017 dan peralatan pada Juli 2017. Proses yang agak terlambat adalah akomodasi. Meski sudah ada yang terealisasi, tetapi belum sepenuhnya," tutur Gatot.

Menurut Gatot, keterlambatan tersebut karena anggaran Kemenpora baru cair sepenuhnya pada April 2017. Hal ini disebabkan perubahan struktural Kuasa Pemegang Anggaran (KPA) dari semula tunggal menjadi terpisah dalam enam satuan kerja.

Baca juga:

Selain itu, adanya perubahan aturan yang membuat Kemenpora berhati-hati dan berdampak kepada keterlambatan dana yang dicairkan.

"Oleh karena itu, dalam konteks Indonesia tidak menenuhi target. Kami juga menyadari bahwa faktor teknis dan non-teknis akibat kendala anggaran dan kami mohon maaf," kata Gatot.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X