Formula 1 Rilis Regulasi Baru untuk 2021

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Rabu, 1 November 2017 | 11:49 WIB
Para pebalap Formula 1 bersaing pada balapan GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Minggu (1/11/2015).
ALFREDO ESTRELLA/AFP PHOTO
Para pebalap Formula 1 bersaing pada balapan GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Minggu (1/11/2015).

Manajemen Formula 1 (F1) resmi mengumumkan proposal regulasi mesin baru yang akan mulai diberlakukan pada kejuaraaan musim 2021, Selasa (31/10/2017) kemarin.

Konfirmasi terkait regulasi mesin baru tersebut disampaikan setelah para petinggi tim dan produsen mesin menggelar pertemuan di Paris, Prancis.

 

Nantinya, mobil F1 masih akan menggunakan mesin 1,6 liter V6 hybrid. Namun, regulasi baru membuat mesin tersebut menjadi lebih sederhana, murah, dan nyaring alias berisik.

Masalah suara mesin yang saat ini terdengar lebih pelan menjadi salah satu kritikan dari para penggemar F1. Sejak beralih dari mesin 2,4 liter V8 ke mesin 1,6 liter V6 hybrid pada 2014, level kebisingan jet darat F1 memang menurun.

Baca juga:

Guna menyiasati hal tersebut, pihak penyelenggara sampai berniat untuk menyematkan mikrofon khusus di bagian knalpot agar suara yang dihasilkan pada siaran televisi menjadi lebih nyaring.

Selain itu, dengan menaikkan batas kecepatan putaran mesin sebanyak 3.000 rpm, diharapkan suara mesin yang dihasilkan akan lebih garang dibandingkan saat ini.

Sementara itu, komponen yang memulihkan energi panas dari turbo, MGU-H, juga akan dihilangkan demi membuat unit mesin menjadi lebih sederhana. Adapaun, komponen MGU-K akan dibuat lebih bertenaga.

Hingga pertemuan di Paris tuntas, perencanaan regulasi mesin baru ini belum mencapai kata final. Rencananya, kubu manajemen F1 akan melanjutkan pertemuan setiap 12 bulan berikutnya untuk mendapatkan spesifikasi yang lebih detail.

Berikut beberapa fitur penting pada power unit 2021.

  • - power unit 1.6 liter, turbo hybrid V6
  • - 3000 rpm mesin yang lebih tinggi menjalankan rentang kecepatan untuk memperbaiki suara
  • - Parameter desain internal yang ketat untuk membatasi biaya pengembangan dan mencegah desain ekstrim dan kondisi berjalan
  • - Penghapusan MGU-H
  • - MGU-K lebih bertenaga dengan fokus pengeluaran yang dikendalikan manual oleh pembalap .
  • - Turbo tunggal dengan batasan dimensi dan batas berat
  • - Penyimpanan energi dan kontrol elektronik yang standar
  • - Desain eksternal tingkat tinggi untuk memberi kemampuan plug / and-play 'engine / chassis / transmission swap
  • - Penelitian soal peraturan bahan bakar yang lebih ketat dan batasan jumlah bahan bakar yang digunakan


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X