Alat Pendeteksi Kesalahan Servis dari BWF Masih Belum Sempurna

By Susi Lestari - Minggu, 24 Desember 2017 | 16:26 WIB
Pebulu Tangkis Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan  Marcus Fernaldi Gideon, saat berlatih di Pelatnas PBSI, Cipayung, pada Rabu (4/1/2017).
ERLY BAHTIAR/BOLASPORT.COM
Pebulu Tangkis Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon, saat berlatih di Pelatnas PBSI, Cipayung, pada Rabu (4/1/2017).

Badminton World Federation (BWF) atau Federasi Bulu Tangkis Dunia akan memberlakukan aturan baru tentang servis yang akan dimulai pada musim turnamen 2018.

Pada aturan baru tersebut, dijelaskan bahwa jarak shuttlecock berada di bawah 1,15 meter dari permukaan lapangan.

Sebelumnya, aturan servis yang lama hanya menyebutkan jarak shuttlecock harus berada di bawah pinggang pemain saat pertama kali dipukul (servis).

Peraturan baru tersebut akan diuji kali pertama pada turnamen All England yang digelar di Inggris pada Maret mendatang dan juga pada turnamen-turnamen bergengsi lainnya seperti Piala Thomas dan Uber di Bangkok (Thailand) dan Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis.

Semua turnamen yang masuk ke dalam Grade 1, kecuali Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior, akan sepenuhnya menggunakan aturan baru ini juga.

Alat pedeteksi peraturan servis terbaru BWF.
BADMINTONPLANET.COM

BWF menyediakan seperangkat deteksi kesalahan servis baru ini karena aturan masih dalam tahap pengembangan.

Seperti dikutip JUARA.net dari Badminton Planet, alat tersebut tidak mengandalkan teknologi modern seperti detektor sinar laser atau sensor untuk mengukur jarak dan ketinggian.

Namun, pendeteksi tersebut terbuat dari steker logam dilengkapi plastik transparan dan memiliki garis hitam yang menunjukkan jarak 1,15 meter dari tanah.

Pendeteksi tersebut tentu saja masih tidak terlepas dari kesalahan.

Baca juga:


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Badminton Planet


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X