Peran Pelatih Indonesia bagi Bulu Tangkis India

By Susi Lestari - Sabtu, 30 Desember 2017 | 16:25 WIB
Pelatih Kepala tunggal putra nasional, Edwin Iriawan, ketika mendampingi tim Uber Indonesia pada Kejuaraan Beregu Asia yang merupakan ajang kualifikasi piala Uber di Hyderabad India, Minggu (14/2/2016).
BADMINTON INDONESIA
Pelatih Kepala tunggal putra nasional, Edwin Iriawan, ketika mendampingi tim Uber Indonesia pada Kejuaraan Beregu Asia yang merupakan ajang kualifikasi piala Uber di Hyderabad India, Minggu (14/2/2016).

Kehadiran pelatih asal Indonesia, Mulyo Handoyo, dinilai memberikan kemajuan besar bagi bulu tangkis India.

Sejak bergabung dengan Asosiasi Bulu Tangkis India (BAI) tahun lalu, Mulyo bahkan dianggap sebagai tokoh di balik layar munculnya pemain-pemain tunggal India yang kini mendunia seperti Kidambi Srikanth, Pusarla Venkata Sindhu, B Sai Praneeth, sampai Sameer Verma.

Akan tetapi, jauh sebelum kehadiran Mulyo yang kini diterpa isu akan mengundurkan diri dari BAI, ternyata ada nama pelatih Indonesia lain yang pernah menjalin kerja sama dengan India.

Tercatat di masa lalu, dua pelatih yang dikenal pernah merumput di India adalah Atik Jauhari dan Edwin Iriawan.

Atik menjadi Kepala Pelatih Nasional India periode 2009-2010 dan telah berhasil membawa negara ini sebagai finalis Commonwealth Games 2010.

Tidak hanya itu ia juga bisa menjadikan Saina Nehwal sebagai pebulu tangkis tunggal putri nomor satu dunia.


Pelatih asal Indonesia, Mulyo Handoyo(Tribun News)

Sementara itu, Edwin juga memainkan peran penting dalam pengembangan bulu tangkis India seperti Parupalli Kashyap, Ashwini Ponnappa, dan Jwala Gutta.

Keberadaan para pelatih seperti Mulyo, Atik, dan Edwin membuat banyak pemain India mengadopsi gaya bermain pebulu tangkis Indonesia.

Baca juga:


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : firstpost.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X