Mental Ihsan Maulana Mustofa Goyah Setelah Cedera

By Nugyasa Laksamana - Rabu, 24 Januari 2018 | 21:29 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra, Ihsan Maulana Mustofa, saat menjalani pertandingan babak semifinal nomor perorangan pada SEA Games Kuala Lumpur 2017.
BADMINTON INDONESIA
Pebulu tangkis tunggal putra, Ihsan Maulana Mustofa, saat menjalani pertandingan babak semifinal nomor perorangan pada SEA Games Kuala Lumpur 2017.

Sebagai pemain nasional, Ihsan Maulana Mustofa merupakan salah satu pebulu tangkis tunggal putra yang menjadi andalan dalam setiap turnamen, termasuk Indonesia Masters 2018.

Akan tetapi, perjalanan karier Ihsan sempat terhambat oleh persoalan cedera. Sederet cedera yang menghantui pada 2017 membuat peringkat Ihsan merosot hingga ke posisi ke-47 dunia.

Padahal, pada September 2016, Ihsan tercatat pernah menduduki peringkat ke-17 dunia. Posisi tersebut menjadi peringkat tertinggi yang pernah ia capai.

Tercatat, Ihsan pernah mengalami cedera engkel, pinggang, dan otot perut. Hal itu menyebabkan nama Ihsan harus dicoret dari beberapa turnamen 2017 demi memaksimalkan penyembuhan cederanya.

Pemuda kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat 22 tahun itu tak menampik bahwa rentetan cedera yang dialami sedikit memengaruhi mentalnya dalam bertanding.

(Baca juga: Indonesia Masters 2018 - Asa Jonatan Christie Pupus di Tangan Son Wan-ho)

"Tahun 2017 saya banyak mengalami cedera, sampai empat pertandingan terpaksa harus cancel (batal) semua," kata Ihsan seusai kalah dari Rasmus Genke (Denmark), Rabu (24/1/2018).

"Persoalan cedera itu sedikit berpengaruh kepada mental bertanding. Akan tetapi, sebetulnya cedera nggak bisa dijadikan alasan sih," ucap dia menambahkan.

Tersingkir pada babak pertama Indonesia Masters 2018 tentu menjadi hal yang mengecewakan bagi Ihsan dan para pencinta bulu tangkis nasional.

Ia diharapkan bisa menuai hasil positif di Indonesia setelah membuat kejutan dengan mengalahkan bintang China, Lin Dan, pada ajang Malaysia Masters 2018 pekan lalu.


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X