Ketika Bulu Tangkis Dimainkan di Luar Angkasa

By Nugyasa Laksamana - Jumat, 9 Februari 2018 | 15:30 WIB
Sejumlah astronot bermain bulu tangkis di Stasiun Luar Angkasa Internasional.
ROSCOSMOS
Sejumlah astronot bermain bulu tangkis di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Bulu tangkis menorehkan sejarah baru. Untuk kali pertama, cabang olahraga tersebut dimainkan oleh para astronot yang tengah bertugas di luar angkasa.

Memainkan bulu tangkis di luar angkasa menjadi hal yang sangat unik sekaligus sulit untuk dibayangkan karena tidak adanya gravitasi di sana.

Dengan tidak adanya gravitasi, tampaknya sulit bagi siapa pun untuk mengendalikan shuttlecock dan raket.

(Baca juga: Kejuaraan Beregu Asia 2018 - Tim Bulu Tangkis Putri China Lolos ke Semifinal setelah Menangi Laga Melelahkan Kontra Thailand)

Meski demikian, sejumlah astronot yang bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional membuktikan bahwa mereka mampu memainkan bulu tangkis di ruang hampa udara.


Sejumlah astronot bermain bulu tangkis di Stasiun Luar Angkasa Internasional.(ROSCOSMOS)
 

Para astronot itu yakni Alexander Misurkin (Roskosmos - Rusia), Anton Shkaplerov (Roskosmos - Rusia), Joseph Acaba (NASA - AS), Mark Vande Hei (NASA - AS), dan Norishige Kanai (JAXA - Jepang).

Video kelima astronot yang memainkan bulu tangkis di luar angkasa itu dirilis oleh Badan Antariksa Russia di situs YouTube pada Kamis (8/2/2018).

(Baca juga: Kejuaraan Beregu Asia 2018 - Menang di 8 Besar, Tim Putri Indonesia Bersiap Hadapi Jepang di Semifinal)

Mereka memainkan pertandingan ganda dengan badan yang melayang-layang. Pergerakan shuttlecock juga tampak lambat, tetapi seketika dapat meluncur kencang setelah dipukul.

Bagi para astronot di luar angkasa, kegiatan olahraga memang sangat penting untuk menjaga otot-otot mereka di lingkungan non-gravitasi.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Badmintonplanet.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X