Terlibat Pengaturan Skor dalam 6 Laga, 2 Pebulu Tangkis Malaysia Terancam Larangan Bermain Seumur Hidup

By Susi Lestari - Kamis, 1 Maret 2018 | 15:52 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Zulfadli Zulkifli.
BERITA HARIAN
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Zulfadli Zulkifli.

Dua pebulu tangkis Malaysia yang menjadi tersangka kasus pengaturan skor (match fixing) terancam larangan bermain cabang olahraga ini seumur hidup.

Kasus match fixing keduanya telah digelar oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dalam sebuah persidangan selama dua hari di Singapura, 26-27 Februari lalu.

Menurut sebuah sumber yang enggan disebutkan namanya, saat ini situasi tidak menguntungkan dialami kedua pemain yang terlibat karena BWF berhasil menghadirkan bukti yang kuat untuk memberatkan tuduhan kedua tersangka.

(Baca Juga: Bukan China, Ini 3 Negara yang Bikin Malaysia Waspada di Piala Thomas 2018)

"Pertama, ketika BWF memutuskan untuk melakukan proses dengar pendapat dan menunjuk panel independen sebanyak tiga orang untuk memimpin sidang, mereka sebenarnya sudah memiliki 75 persen bukti untuk menjerat kedua tersangka," kata sumber anonim tersebut dikutip JUARA dari NST. 

"Kedua, berdasarkan bukti yang disampaikan saat persidangan dan kesaksian saksi, tidak ada hal yang baik bagi kedua pemain," ujar sumber tersebut.

Kedua pemain menghadapi enam tuduhan pengaturan skor pertandingan selama enam turnamen dalam kurun waktu 2013-2016 menyusul sebuah laporan yang dibuat oleh pebulu tangkis lain.

Saat persidangan, ada empat saksi yang dihadirkan yang terdiri atas satu pemain yang melaporkan dan tiga penyelidik olahraga yang disewa oleh BWF.

Sementara itu, kedua tersangka, Zulfadli Zulkiffli dan Tan Chun Seang terlihat menghadiri persidangan tersebut.

Berbicara lebih lanjut, sumber anonim itu yakin jika BWF akan merilis sebuah pernyataan resmi mengenai hasil sidang dalam waktu tiga minggu setelah laporan lengkap oleh panel selesai dibuat.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : nst.com.my


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X