Ketika Israel Menjadi Negara yang Diusir dari Pentas Asian Games Atas Dasar Solidaritas

By Intisari Online - Kamis, 12 April 2018 | 16:18 WIB
Ilustrasi pembukaan pada Asian Games 2018
Intisari
Ilustrasi pembukaan pada Asian Games 2018

Israel adalah negara yang dikucilkan ketika perhelatan akbar di mana pesta olahraga terbesar Asia bertajuk Asian Games. Inilah sekelumit alasannya.

Asian Games adalah sebuah ajang olah raga terbesar di Asia yang diselenggarakan 4 tahun sekali.

Pentas besar ini diikuti berbagai negara di seluruh daratan Asia tanpa terkecuali Israel dan Korea Utara, negara yang terkenal kekuatan militer yang cukup menakutkan.

Namun, ada kisah menarik di balik pergelaran akbar ini terkait Israel,  salah satu negara yang dikucilkan hingga diusir dari dunia Olah raga.

Negara tersebut juga pernah didepak dari pentas di Asian Games, dan ditolak ketika ikut berpartisipasi dalam Asian Games IV di Jakarta tahun 1962.

Waktu itu, Indonesia tengah gencar memberikan dukungan kemerdekaan Palestina. Akibatnya, Indonesia menolak Israel untuk berpartisipasi dalam ajang olah raga bergengsi tingkat Asia tersebut.

Penolakan tersebut menjadi awal negara tersebut dikucilkan dari pentas besar Asian Games, namun Israel masih ikut serta pada di Asian Games 1966 dan 1970 yang digelar di Bangkok, Thailand.

(Baca Juga: Jadi Ganda Putri Terkaya se-Indonesia, Ini Raihan Pendapatan Greysia/Apriyani Sepanjang Musim 2018)

Pada Asian Games 1974 di Teheran, Israel sudah mulai mengalami persekusi, meski hanya sebatas semi-boikot. Kontingen negara itu tetap diperbolehkan mengikuti gelaran oleh tuan rumah.

Namun, beberapa atlet dari negara Arab melakukan aksi boikot terhadap atlet yang berasal dari Israel. Mereka menolak bertanding melawan atlet Israel, dan mengatasnamakan solidaraitas terhadap Palestina.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : intisari.grid.id


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X