Ketika Indonesia Dipuji 'Mantan Penjajah' Karena Menjadi Tuan Rumah Asian Games

By Intisari Online - Sabtu, 14 April 2018 | 15:51 WIB
Bung Karno menilik pembangunan GBK pada tahun 1960
Kyle
Bung Karno menilik pembangunan GBK pada tahun 1960

Ketika indonesia menjadi membuat simpati negara yang pernah menjajahnya ternyata hal inilah penyebabnya

PestaAsia - Stadion utama Gelora Bung Karno atau biasa disebut GBK, adalah salah satu stadion termegah yang dimiliki Indonesia.

Stadion ini dibangun pada tahun 1960, dimana kala itu sebagai persiapan untuk gelaran Asian Games pada tahun 1962 yang diselengarakan di Indonesia.

Menurut kabar yang beredar, stadion ini memiliki model dan bangunan yang cukup megah di masanya bahkan hingga kini kemegahannya masih begitu terasa.

Stadion ini juga bakalan digunakan untuk gelaran Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Indonesia, tepatnya di Kota Palembang dan Jakarta pada Agustus mendatang.

Memiliki sejarah panjang stadion ini mungkin adalah salah satu hal mengejutkan setelah proses pembangunan masa itu.

Siapa sangka stadion dengan semegah itu dibangun oleh bangsa yang bahkan baru saja merdeka, tentu menimbulkan banyak spekulasi besar dan mengundang tanda tanya dari berbagai negara.

Beberapa negara tersebut tak lain adalah mantan penjajah Indonesia yang berasal dari Asia, siapa lagi kalau bukan Jepang, salah satu negara Asia dengan sumber daya cukup baik kala itu.

Pembangunan yang pesat dan signifikan dilakukan Indonesia untuk mempersiapkan gelaran akbar Asian Games pada masa itu.

Jepang yang kagum ungkapkan "Bagaimana bisa negara yang baru meredeka sanggup rampungkan proyek besar hanya dalam waktu 3 tahun saja ".


Editor :
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X