Konon Dicuri Dari Dewa Inilah Kisah Api Abadi di Olimpiade

By Intisari Online - Minggu, 15 April 2018 | 19:55 WIB
Ilustrasi api dalam sebuahbOlimpiade kuno di Yunani
Kompas.com
Ilustrasi api dalam sebuahbOlimpiade kuno di Yunani

dewa di Yunani.

PestaAsia - Ketika pembukaan sebuah pentas olahraga terbesar yang mempertemukan atlet dari cabang olahraga dan negara, yang bertajuk Olimpiade.

Ada sebuah tradisi unik dimana sebuah upacara pembukaan yang menggunakan api yang dibawa oleh seorang pelari dengan tongkat dan diserahkan dengan cara estafet.

Jika digambarkan demikian mungkin sudah bisa dibayangkan, dan orang-orang tentu sudah paham dengan apa namanya api Olimpiade yang dimaksud.

Nah, meski api tersebut sepertinya hanyalah sebuah tradisi namun dibaliknya ada kisah yang jarang diketahui oleh sebagian besar orang.

Menilik dari asal muasal api ini ternyata api ini terlahir dari keyakinan orang Yunani Kuno, dimana keyakinan mitologi tentang dewa-dewi di Yunani memang sangat kuat.

Kabarnya api tersebut terlahir dari sebuah kuil yang dibangun Yunani Kuno, dan api tersebut untuk menghormati Dewi Hera.

Inilah tonggak dan asal muasal pertandingan olimpiade kuno dilakukan dan terletak di sebuah tempat suci bernama Olimpia di Yunani.

Lalu darimankah aspi tersebut memang tak banyak yang tahu, namun menurut keyakinan dan legenda dalam mitologi Yunani, api tersebut berasal dari Promoteus yang mencuri api tersebut dari Dewa Zeus.

Api tersebut lalu digunakan untuk pembukaan pada olimpiade pertama kali dan kemudian dipopulerkan kambali pada Olimpiade tahun 1928.


Editor :
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X