Nggak Usah Takut, Nge-gym Nggak Berbahaya Buat Remaja

By HAI Online - Rabu, 25 April 2018 | 15:57 WIB
Ilustrasi gym.
wow.tribunnews.com
Ilustrasi gym.

Ambisi pingin punya badan yang berotot dan atletis, jadi motivasi kita untuk melakukan gym. Salah-salah terlalu ambisi, kita justru nge-gym nggak henti-hentinya. Tentu aja karena pingin mendapat hasil yang cepat dan maksimal.

“Konotasi nge-gym itu biasa dihubungkan dengan latihan beban. Sepanjang kita melakukan latihan dengan mengikuti kaidah-kaidah BBTT (baik, Benar, Terukur dan Teratur), maka latihan beban atau gym tidak akan menjadi masalah bagi pertumbuhan," ujar  dr. Inggriani Husen, SpKO, Ketua Umum Komite Nasional Exercise is Medicine Indonesia.

Cuma Mitos

Beberapa orang masih khawatir mengenai efek nge-gym atau olahraga angkat beban terlalu dini bagi pertumbuhan. Pertumbuhan pada remaja terjadi pada tulang pelat epifis yang biasa disebut sebagai pelat pertumbuhan. Pelat ini terletak di dekat ujung tulang panjang.

Pada masa pertumbuhan remaja, pelat ini rentan terhadap cedera. ada kekhawatiran bahwa angkat beban atau nge-gyum bisa merusak pertumbuhan pelat ini dan menyebabkan pertumbuhan remaja menjadi terhambat. Tapi ternyata anggapan ini hanya sebatas mitos.

Cek: Ini Dia 10 Film Olahraga Terbaik Sepanjang Masa

Penelitian dalam Journal of Clinical Medicine Research menemukan bukti bahwa latihan angkat beban justru berdampak positif pada perkembangan pertumbuhan pelat. Tapi tenang aja, karena menurut para ahli kesehatan, manfaat kesehatan dari nge-gym lebih besar dibanding risiko kerusakan pelat.

Hal yang paling penting, tentukan dulu apa tujuan kita ketika ingin nge-gym. Yang paling umum tujuannya adalah untuk memperkuat otot-otot dan meningkatkan ketahanan fisik. Latihan angkat berat akan efektif jika diawasi oleh professional seperti instruktur.

Asupan Gizi yang Seimbang

Jangan salahkan nge-gym ketika tubuh kita berhenti tumbuh atau menjadi tampak pendek. Kemungkinan besar kita telah mengabaikan asupan gizi yang seimbang ketika sedang menjalanan proses nge-gym. Tetap harus diingat bahwa kita sedang masa pertumbuhan, gizi yang baik dan cukup sangat diperlukan untuk menunjang pertumbuhan.


Editor :
Sumber : HAI-ONLINE.COM


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X