Apa yang Harus Kita Lakukan Saat Tulang Patah Karena Kecelakaan dalam Olahraga?

By Bobo ID - Sabtu, 28 April 2018 | 11:01 WIB
Ilustrasi Tulang
Ode
Ilustrasi Tulang

kira, kenapa tulang bisa patah?

Kecelakaan

Tulang memang keras. Namun, sebuah kecelakaan dalam olahraga bisa membuatnya bengkok dan patah. Tulang bisa patah karena sebuah benturan atau tekanan dalam kecelakaan dalam olahraga. Apa yang harus kita lakukan saat tulang patah?

Ke Dokter

Saat tulang kita patah, segera beritahu orang dewasa dan pergi ke dokter. Dokter yang mengobati tulang patah kita biasanya dokter bedah tulang. Hal pertama yang akan dilakukan oleh dokter bedah tulang adalah memotret tulang yang patah dengan sinar X.

Pemotretan dengan sinar X ini bisa memberitahu dokter, jenis patah tulang apa yang kita alami. Apakah patah tulang serabut, patah tulang di satu tempat, atau patah tulang jadi dua. Selanjutnya, apa yang akan dilakukan oleh dokter?

Mengobatinya

Setelah tahu jenis patah tulang yang kita alami, dokter akan mengobatinya. Biasanya, dokter akan memasangkan gips kepada pasien patah tulangGips merupakan alat untuk menahan tulang yang patah, supaya tidak bergerak atau bergeser.

Selama menggunakan gips, tulang akan menyembuhkan dirinya. Proses penyembuhan ini biasanya berlangsung selama 3 – 6 minggu. O iya, beberapa orang yang mengalami patah tulang ada yang harus menjalani operasi terlebih dahulu, sebelum menggunakan gips.

O iya, tulang anak-anak yang patah lebih cepat sembuh, daripada tulang orang dewasa. Kenapa? Itu karena anak-anak seperti kita sedang dalam masa pertumbuhan. Sel-sel di tubuh kita berganti dengan cepat. Jadi, luka di tubuh pun lebih cepat sembuh.

Supaya tulang kita semakin kuat, lakukan olahraga secara teratur. Makan makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium. Berjemur di bawah sinar matahari pagi selama beberapa menit.


Editor :
Sumber : Majalah Bobo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X