Inilah Asal Usul Nama Jakabaring yang Menjadi Nama Stadion di Palembang

By Intisari Online - Sabtu, 12 Mei 2018 | 19:07 WIB
Pemandangan dari udara Stadion Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.
YAYAN SAPUTRA/TRIBUN SUMSEL
Pemandangan dari udara Stadion Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

orang Jawa Jakabaring mungkin akan terdengar seperti nama tokoh dan akrab di telinga orang Jawa seperti Jaka Sembung, Joko Tarub hingga Joko Tingkir.

PestaAsia - Stadion Jakabaring adalah salah satu stadion di Palembang, tempat ini adalah kandang dari tim Sepakbola Sriwijaya FC.

Sekaligus tempat ini bakalam menjadi salah satu lokasi pesta olahraga terbesar di Asia bertajuk Asian Games digelar.

Banyak hal menarik dari istilah Jaka baring yang terus melekat di telinga masyarakat hingga kini, namun sejatinya istilah tersebut salah kaparah diartikan.

Dalam riwayat orang-orang Jawa Jakabaring mungkin akan terdengar seperti nama tokoh dan akrab di telinga orang Jawa seperti Jaka Sembung, Joko Tarub hingga Joko Tingkir.

 

Pada era kemerdekaan sekarang ini muncullah tokoh Jaka/Joko baru dari Palembang. Hingga siapapun pasti akan bertanya-tanya dan mencari tahu, apa dan siapakah tokoh Jakabaring itu?

Kalau dia memang tokoh sesungguhnya mungkin ada yang mencari dimana kuburannya, atau siapakah anak cucu dan keturunannya?

Akan tetapi Jakabaring tidak pernah Ada meski namanya hingga digunakan sebagai nama Stadion dan cukup melegenda, nama tersebut bukanlah nama tokoh.

Jakabaring bisa dikatakan adalah sebuah lokasi dengan nama yang sudah lama ada di Palembang.


Editor :
Sumber : Intisari-online


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X