Tujuh Aksi Tak Terlupakan Allen Iverson

By Ade Jayadireja - Jumat, 1 November 2013 | 18:05 WIB
Allen Iverson
Getty Images
Allen Iverson

Salah satu pemain legendaris NBA, Allen Iverson, telah resmi menyatakan pensiun pada Kamis (31/10). Selama kariernya di kasta tertinggi bola basket Amerika Serikat, banyak hal yang membuat eks bintang Philadelphia 76ers itu sulit dilupakan oleh para fan.

1. Crossover di depan Wajah Michael Jordan
Inilah kejadian yang membuat nama Allen Iverson mulai dikenal. Dalam laga melawan Chicago Bulls pada 12 Maret 1997, ia sukses melewati legenda hidup NBA, Michael Jordan, dengan sebuah gerakan crossover yang cantik.

Iverson lantas menjadi sorotan. Ia menyudahi laga dengan mengemas 37 poin.

2. Tyronn Lue Korban Crossover
Gerakan corssover Iverson kembali memakan korban. Kali ini giliran Tyronn Lue yang merasakannya.

Dalam duel antara Sixers versus LA Lakers di final NBA 2001, Iverson melakukan gerakan meliuk-liuk yang membuat Lue kerepotan. Bukan hanya satu kali, tapi sampai empat kali. 

3. Sihir di Kandang Wizards
November 2004, Iverson beserta pasukan Sixers bertandang ke markas Washington Wizards. Saat itu skor kedua tim imbang 114-114 dan waktu hanya menyisakan tiga detik.

Iverson muncul sebagai pahlawan. Ia mencuri bola dari pemain Wizards, berlari kencang ke arah ring, dan menjaringkan bola dengan lay-up.

4. Pemain Terbaik 2001
Iverson meraih gelar MVP musim reguler 2000/01. Saat itu ia berjasa membawa Sixers melaju sampai final NBA sebelum dikalahkan LA Lakers.

Di musim yang sama, Iverson memperoleh MVP di ajang All-Star Game. Ia membawa tim Timur mengalahkan tim Barat dengan skor 111–110 sekaligus menjadi pengumpul angka tertinggi dengan 25 poin.

5. Benamkan Vince Carter dengan 54 Poin
Dalam gim kedua play-off semifinal wilayah Timur, 9 Mei 2001, Iverson tampil luar biasa dengan mengumpulkan 54 poin. Saat itu Sixers menghadapi Toronto Raptors.


Editor : Ade Jayadireja


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X