Tak Ada Pau Gasol, Tony Parker Raih Mahkota Idaman

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 26 September 2013 | 12:40 WIB
Para pemain basket Prancis, juara Eropa 2013, diterima Presiden Prancis.
AFP
Para pemain basket Prancis, juara Eropa 2013, diterima Presiden Prancis.

Gurauan Tony Parker pada Pau Gasol menjadi kenyataan. Parker, guard Prancis, bertemu Pau di Barcelona beberapa bulan lalu dalam sebuah acara komersial. "Kalau kamu tidak ikut Eurobasket, pasti saya sudah mendapatkan medali emas," kata Parker.

Doa Parker ternyata menjadi kenyataan. Pau absen pada Kejuaraan Eropa di Slovenia karena pemulihan cedera kaki. Meskipun sang adik, Marc Gasol tampil, Prancis tak terbendung dan menjadi juara usai membekap Lituania di final, 80-66.

Inilah gelar pertama Prancis yang sudah 37 tahun mengikuti turnamen FIBA Eropa, sejak bergabung pada 1933. Medali terbaik Prancis sebelumnya di Eurobasket adalah perak pada 1949 dan 2011.

Skuat Prancis yang berjaya di Slovenia itu dimotori pemain inti Prancis U-18 pada Kejuaraan U-18 Eropa tahun 2000. Salah satunya adalah Tony Parker.

"Saat menjadi juara di KU-18, kami berjanji untuk melanjutkan kesuksesan di level senior," ungkap Parker. Skuat U-18 saat itu antara lain Parker, Boris Diaw, Florent Pietrus, dan Ronny Turiaf. "Kami begitu bangga membela timnas."

Ambisi Parker dkk. membentur tembok sebab dalam waktu bersamaan muncul generasi emas Spanyol dimotori Pau Gasol. "Sekarang kami sudah menjadi yang terbaik. Saya sangat bangga," ungkap Parker, yang menyamai Gasol pernah menjadi juara NBA dan juara Eropa, serta menjadi Pemain Terbaik.

Presiden Prancis, Francois Hollande, secara khusus menerima skuat itu, Selasa (24/9) di Istana Elysee. "Saya begitu bangga pada sejarah yang kalian buat," kata Hollande.

San Antonio Spurs, klub Parker, juga merespons kegembiraan dengan memberikan istirahat pada Parker. Parker tak diwajibkan mengikuti camp 1 Oktober nanti.

Lolos ke Kejuaraan Dunia 2014
Zona Asia: Iran, Filipina, Korsel
Zona Afrika: Angola, Mesir, Senegal
Zona Amerika: Meksiko, Puerto Riko, Argentina, Republik Dominika
Zona Oseania: Australia, Selandia Baru
Zona Eropa: Prancis, Lituania, Kroasia, Slovenia, Ukraina, Serbia
Tuan rumah: Spanyol
Juara Olimpiade London: AS
Wildcard: 4 tim, turnamen akan diumumkan kemudian oleh FIBA


Editor : Eko Widodo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X