Indonesia Wajib Hentikan Kekuatan Baru ASEAN

By Arief Bagus Prasetiyo - Kamis, 19 September 2013 | 19:00 WIB
Indonesia U-19
Yuniadhi Agung/Kompas
Indonesia U-19

Perebutan tiket final antara Indonesia lawan Timor Leste, Jumat (20/9) di stadion Gelora Delta, Sidoarjo, dipastikan berlangsung ketat. Pelatih Merah Putih Indra Sjafri pun meyakini, laga lawan Timor Leste tidak mudah untuk anak buahnya.

Lolos sebagai juara Grup A, Timor Leste memang bukan lawan enteng bagi skuad Garuda Jaya. Setidaknya, Laos yang lebih difavoritkan lolos ke semifinal dengan status juara grup justru dihajar 0-3 oleh Timor Leste.

Fakta inilah yang dijadikan acuan Indra dalam menghitung kekuatan lawan. Maklum, Indra tak ingin gagal lagi setelah tumbang 1-2 di tangan Vietnam pada babak penyisihan Grup B lalu. “Timor Leste ini sekarang menjadi kekuatan baru di ASEAN. Mereka tampil bagus dalam tiga pertandingan terakhir,” katanya.

Indra mengaku sudah mengetahui secara detail keunggulan dan kelemahan Timor Leste setelah melihat langsung pertandingan Timor Leste. “Saya melihat dua kali pertandingan mereka, juga rekaman pertandingan yang lain. Saya pelajari dan evaluasi,” jelas Indra.

Di matanya, nyaris sama dengan Vietnam, Timor Leste memiliki keunggulan pada kecepatan para pemainnya. Mereka juga memiliki sejumlah pemain dengan kemampuan individu di atas rata-rata. “Tapi tak perlu khawatir berlebihan, kami akan berupaya keras untuk menghentikan kekuatan baru ASEAN itu,” tutur Indra.

Pada pertandingan ini, Indra bisa berlega hati. Pasalnya, empat pemainnya yang pada pertandingan sebelumnya absen akibat cedera (Dimas Drajad dan Mukhlis Hadi Ning Syaifullah) dan akumulasi kartu kuning (Hansamu Yama Pranata dan Muhammad Fatchur Rohman) sudah bisa diturunkan.

Tampil dengan kekuatan penuh, Indra optimistis anak buahnya mampu memenangkan pertandingan lawan Timor Leste.

Lawan Timor Leste, Indonesia kembali menempatkan Mukhlis Hadi Ning Syaifullah di depan. Di sektor sayap kiri ditempati Ilham Udin Armaiyn, dan kanan diisi Dinan Yahdian Javier. Sementara itu, Maldini kembali disiapkan menjadi penggantinya.

Tak gentar dengan kekuatan tuan rumah, Timor siap meladeni dengan permainan terbuka. “Kami sudah sama tahu kekuatan masing-masing. Saya rasa, beban justru berada di pundak pemain Indonesia. Kami akan bermain lepas dan berupaya memenangkan pertandingan,” ujar Norio Tsukitate, pelatih kepala Timor Leste.

Timor yakin, dengan kekuatan yang mereka miliki, Indonesia bakal kesulitan. “Kami tak mau sombong. Tapi kami sudah mempersiapkan tim ini dengan baik. Jika tak ada kendala, kami bisa mengejutkan Indonesia,” jelasnya.


Editor : Fahrizal Arnas


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X