Tampil di Cina, Indonesia Dibekali Sport Science

By Tulus Muliawan - Jumat, 2 Agustus 2013 | 22:33 WIB
Sony Dwi Kuncoro
Saed Khan/AFP/Getty Images
Sony Dwi Kuncoro

Dalam rangka meningkatkan prestasi dan penampilan para pemain, PBSI terus mekukan sejumlah inovasi. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan sport science dalam program pembinaan.

Sebelum tampil di Kejuaraan Dunia 2013, semua pemain yang akan berlaga  sudah dibekali dengan video-video pertandingan seluruh calon lawannya nanti. Selain video yang berisi rekaman pertandingan terbaru, terdapat juga hasil analisa permainan si calon lawan.

“Kami sudah mempersiapkan ini dari jauh-jauh hari. Semua pemain sudah punya video-video calon lawannya sesuai dengan urutan yang tertera pada hasil undian. Video-video ini salah satunya kami dapatkan di Indonesia Open 2013 lalu, kami merekam lebih dari 70 pertandingan untuk dianalisis,” kata Basri Yusuf, Kabid Pengembangan PBSI di situs resmi PBSI.

“Ini bertujuan untuk mempersiapkan dan membekali atlet, sehingga saat akan masuk lapangan, dia sudah tahu apa yang harus dilakukan. Video pertandingan juga selalu berisi pertandingan terbaru, maksimal tiga bulan terakhir atau tiga turnamen terakhir,” ujar Basri.

Penerapan sport science ini telah dilakukan sejak Piala Sudirman 2013 lalu. Hasilnya, Tim Merah-Putih berhasil mengimbangi perlawanan Cina di babak perempat final, meski akhirnya menyerah 2-3.


Editor : Tulus Muliawan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X