Kontra Belanda, Indonesia Minim Adaptasi

By Oka Akhsan M. - Rabu, 5 Juni 2013 | 21:14 WIB
Jacksen Tiago
Kukuh Wahyudi/Bolanews
Jacksen Tiago

Pelatih Tim Garuda, Jacksen Tiago, harus memanfaatkan secara maksimal waktu persiapan efektif, hanya dua hari, sebelum meladeni Belanda. Soal adaptasi menjadi tantangan tersendiri.

Pelatih asal Brasil itu mengaku puas dengan pemahaman pemain timnas pada latihan kedua yang digelar Rabu (5/6) malam.

"Saya hanya memberikan materi taktik dan strategi, karena hanya itu yang bisa diberikan dalam waktu dua hari. Itupun tak mudah karena kami tetap butuh adaptasi," ungkap Jacksen.

Pemain timnas mulai berkumpul dan latihan Selasa (4/6). Sementara Jacksen dan pemain asal Persipura dan Persija baru bergabung dengan tim Rabu pagi.

"Tadi pagi latihan belum berjalan selancar sore ini. Ada beberapa pemain yang belum tahu dengan metode saya dan merasa kelelahan. Hal itu wajar karena mereka berada di tengah waktu kompetisi," tutur Jacksen.

Untuk mengatasinya, Jacksen menggelar pertemu­an sesaat sebelum latihan sore. Cukup 15 menit dan hasilnya dinilai menyelesaikan masalah di latihan pagi.

"Di dalam kelas, saya berikan pemahaman soal program latihan taktik dan strategi. Efeknya mereka mengerti dan tak ada keluhan lagi. Saat masuk lapangan, mereka sudah tahu bakal menjalani latihan apa," ungkap Jacksen.

Sementara soal kondisi atau ketahanan fisik, Jacksen yakin para pemain timnas dalam kondisi terbaik mereka. Apalagi hingga kini tidak ada keluhan adanya pemain cedera. "Mungkin hanya kelelahan dan saya anggap hal itu adalah wajar mengingat mereka baru saja bermain di kompetisi," tutur Jacksen.

Dalam latihan yang berjalan sekitar 60 menit itu, timnas hanya diberi pemahaman soal taktik bertahan dan menyerang yang diinginkan Jacksen. Pada sesi akhir latihan, simulasi tendangan sudut dan tendangan bebas dilakukan.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X