Galaunya Williams Terkait Mesin

By Andi Yanianto - Kamis, 30 Mei 2013 | 23:48 WIB
Valtteri Bottas
Clive Rose/Getty Images
Valtteri Bottas

Tim F1 Williams bisa dibilang adalah tim yang paling galau dalam urusan mesin di Formula 1, paling tidak untuk satu dekade terakhir. Sejak musim 2000, tim yang dipimpin Sir Frank Williams ini telah lima kali berganti pemasok mesin.

Pengumuman Williams akan berganti pemasok mesin mulai 2014 ke Mercedes-Benz, menjadi Mercedes sebagai pemasok mesin keenam di Williams sejak musim 2000.

Sekedar pengingat, berikut daftar pemasok mesin yang pernah bekerja sama dengan Williams paling tidak mulai musim 2000.

BMW (2000-2005)

Kerja sama Inggris-Jerman ini menghasilkan 10 kemenangan dan nyaris mendapat titel juara dunia pada 2003. Kemitraan berakhir setelah BMW berencana menjadi bagian dari kepemilikan tim, yang tidak memungkinkan terjadi di Williams, mengakibatkan BMW memutuskan membela Sauber.

COSWORTH (2006)

Ditinggal BMW, Williams bergabung dengan Cosworth saat Formula 1 memulai era 2.400cc V8. Sayang musin tersebut berakhir mengecewakan bagi tim. Williams hanya mampu mengemas 11 poin dan menduduki posisi delapan di klasemen konstruktor.

TOYOTA (2007-2009)

Momen yang menjanjikan muncul saat Williams menduduki posisi keempat klasemen (setelah McLaren dicoret dari klasemen menyusul kasus spionase). Meski demikian, tiga musim bersama, kemitraan ini hanya menghasilkan tiga podium dan tanpa kemenangan.

COSWORTH (2010-2011)


Editor : Andi Yanianto


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X