PSV, Feyenoord, dan Ajax Pernah ke Indonesia

By Andi Yanianto - Kamis, 30 Mei 2013 | 19:35 WIB
PSV Eindhoven
Rizal Syahiza/Bolanews
PSV Eindhoven

sama pernah bermain di Indonesia.

Kiprah tim asal Belanda yang pernah berlaga di Indonesia diawali oleh PSV pada 1971. Ketika itu PSV bermain tiga kali di negeri ini, yakni di Medan melawan PSMS (menang 4-0), di Surabaya menghadapi Persebaya (menang 8-1), dan di Jakarta bertemu timnas (menang 6-0).

Empat tahun kemudian Ajax datang ke Jakarta. Tim Amsterdam itu mengikuti turnamen segitiga bersama Manchester United dan Indonesia Tamtama.

Ajax mengalahkan United 3-2 (3/6/1975). Sementara itu, saat melawan Indonesia Tamtama, yang dilatih Wiel Coerver, yang juga asal Belanda, Ajax unggul 4-1 (5/6/1975).

Ajax juga sempat bermain lawan PSSI wilayah I di Stadion Teladan, Medan (7/6/1975). PSSI wilayah I adalah juara turnamen antarregional pada 1974 yang didominasi pemain PSMS. Ketika itu, Ajax tumbang 2-4.

Setelah bermain di Medan, Ajax kembali ke Stadion Utama, Senayan (9/6/1975) untuk menghadapi Persija. Skor 1-1 tercipta saat itu. Gol Persija dicetak Risdianto dan dibalas oleh Johny Rep.

Pertandingan terakhir Ajax ketika itu dilakukan di Stadion 10 November, Surabaya, menghadapi Persebaya (11/6/1975). Ajax menang 3-2 melalui gol Ruud Geels (2) dan Rene Notten yang dibalas Jacob Sihasale dan Rusdy Bahalwan.

Pada 5 Juni 1978 giliran Feyenoord yang bermain di Senayan melawan timnas. Namun, laga itu tak tuntas. Laga dihentikan pada menit ke-55 saat Feyenoord unggul 3-0 menyusul baku hantam para pemain.

Feyenoord, yang diperkuat Johan Cruyff, hadir lagi di Senayan pada 1984 untuk melakoni partai segitiga bersama Mandala dan QPR.  
Pada 1987, PSV Eindhoven, yang diperkuat Eric Gerets, Ruud Gullit, Wim Kieft, dan Ronald Koeman, datang. Kala itu Gerets merupakan kapten timnas Belgia, sementara Gullit baru berstatus pemain termahal dunia setelah dibeli AC Milan.

PSV bertemu Persib yang bermaterikan pemain seperti Robby Darwis, Adeng Hudaya, dan Ajat Sudrajat. Pada partai yang dimainkan di Stadion Siliwangi pada 11 Juni 1987 itu PSV unggul 6-0.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X