Lin Dan Dapat "Wild Card" di Kejuaraan Dunia

By Tulus Muliawan - Senin, 13 Mei 2013 | 21:48 WIB
Lin Dan
Adek Berry/AFP/Getty Images
Lin Dan

Bintang bulu tangkis Cina, Lin Dan, akan mendapat kesempatan besar untuk mempertahankan gelar juara di Kejuaraan Dunia tahun ini setelah panitia memberi fasilitas wild card. Fasilitas tersebut diberikan karena permintaan para penggemar Cina serta pamor yang dimilikinya sebagai pemain bintang.

Peraih medali emas Olimpiade dua kali ini absen dari panggung bulu tangkis dunia sejak Agustus 2012. Akibatnya, peringkatnya kini merosot hingga posisi ke-41. "Super Dan" baru kembali turun di Kejuaraan Asia April lalu, tetapi mengundurkan diri di babak ketiga dengan alasan cedera bahu.

Menurut peraturan BWF, pemain yang ingin tampil di Kejuaraan Dunia harus menduduki peringkat 20 besar dalam rangking BWF. Akan tetapi, dengan fasilitas wild card tersebut  Lin Dan berhak tampil di kejuaraan yang berlangsung 5-11 Agustus mendatang di Guangzhou, Cina.

"Fasilitas ini merupakan satu-satunya dan diberikan karena permintaan penggemar dan daya tarik pemain berusia 29 tahun ini buat turnamen," demikian pernyataan panitia penyelenggara.

Tampilnya Lin Dan memang akan membuka peluang pertemuan kembali pemain Cina ini dengan seteru abadinya, Lee Chong Wei. Lin Dan unggul 21-9 dalam catatan pertemuannya dengan Chong Wei. Terakhir kali ia mengalahkan Lee Chong Wei di final Olimpiade London, pada Agustus 2012.

Laporan Kompas.com/A. Tjahjo Sasongko


Editor : Tulus Muliawan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X