20 Tahun Perjanan Francesco Totti Bersama Roma

By Vessy Dwirika Frizona - Kamis, 28 Maret 2013 | 13:44 WIB
Francesco Totti
Valerio Pennicino/Getty Images
Francesco Totti

0 atas Brescia pada 28 Maret 1993. 20 tahun berlalu Totti hanya membela satu klub sepanjang karier profesionalnya, I Lupi.

Lahir di Roma pada 27 September 1976, Totti tumbuh menjadi bocah cilik yang menunjukkan talentanya dalam mengolah bola. Sejak kecil, dia sudah bermain bola bersama teman-teman yang umurnya lebih tua. Pada usia delapan tahun dia pun bergabung dengan tim akademi Fortitudo, kemudian sempat juga dengan Smit Trasevere dan Lodigiani.

Bakat Totti pun dengan cepat terendus oleh kubu AC Milan. Namun, tawaran dari I Rossoneri ditolak oleh sang ibu. Totti sendiri kemudian bergabung dengan tim muda I Giallorossi pada 1989.

Setelah menjalani tiga tahun bersama tim muda Roma, Totti akhirnya mendapatkan kesempatan debutnya dari pelatih Vujadi Boskov pada 28 Maret 1993. Kala itu usianya belum genap 17 tahun. Saat itu Roma pun meraih kemenangan tandang 2-0 atas Brescia.

Pada musim selanjutnya, di bawah asuhan Carlo Mazzone, Totti mulai mendapat kesempatan bermain lebih banyak. Dia mencetak gol pertamanya pada 4 September 1994 saat membawa Roma imbang 1-1 dengan Foggia.

Hanya butuh sekitar dua musim bagi Totti untuk memastikan tempat regulernya di dalam skuad I Giallorossi. Pada 1995, dia sudah dipercaya untuk terus mengisi posisi starter Roma dan mencetak 16 gol dalam tiga musim selanjutnya.

Pada umur 21 tahun (1998), Totti didapuk sebagai kapten tim. Dia pun mulai mendapat pengakuan sebagai salah satu simbol klub. Segudang prestasi pun mulai ditorehkan Er Pupone. Gelar Pemain Muda Terbaik Serie A pun disabetnya pada musim 1998/99. Kendati begitu, panggilan timnas untuk Piala Dunia 1998 memang belum datang saat itu.

Scudetto pertamanya bersama Roma pun datang pada 17 Juni 2001. Di level personal, Totti kembali mendapatkan penghargaan, kali ini sebagai Pemain Terbaik Italia 2000 dan 2001. Dia pun untuk pertama kalinya masuk ke dalam nominasi Ballon d'Or pada 2000, hanya saja baru menempati peringkat ke-14 pada tahun itu. Pada tahun setelahnya, dia mendapat suara terbanyak kelima untuk penghargaan tersebut.

Totti pun dengan cepat menjadi idola suporter Roma. Apalagi, dengan latar belakang Totti yang ternyata merupakan suporter setia Roma, mengidolakan eks kapten Roma, Giuseppe Giannini, dan fakta bahwa Totti memang berasal dari Roma.

Bersama Roma, Il Capitano telah memenangi lima gelar, yaitu Scudetto musim 2000-01, Supercoppa Italiana 2001 dan 2007, serta Coppa Italia 2006-07 dan 20007-08. Sementara, di level timnas, dia meraih prestasi tertingginya saat memenangi Piala Dunia 2006 bersama Italia.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X