Nigeria Akhiri Penantian 19 Tahun untuk Jadi Juara

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 11 Februari 2013 | 04:43 WIB
Nigeria Juara Piala Afrika 2013
Getty Images
Nigeria Juara Piala Afrika 2013

0 atas tim kejutan Burkina Faso di Stadion FNB, Johannnesburg, Senin (11/2) dini hari WIB.

Super Eagles adalah tim nasional yang telah tampil di ajang Piala Afrika sebanyak 17 kali. Sebelum menjadi juara tahun ini, mereka juga menjadi juara pada 1980 dan 1994.

Nigeria mencapai partai pamungkas usai menang telak 4-1 atas Mali di semifinal. Sementara itu, Burkina Faso secara mengejutkan menyingkirkan Ghana lewat drama adu penalti.

Dengan komposisi pemain lebih baik Nigeria mengawali pertandingan dengan terus menekan. Pada menit ke-8 Efe Ambrose hampir membuka keunggulan andai sundulannya menemui sasaran. Pada menit ke-10, Idiye Brown juga mendapat kesempatan bagus, namun tendanganya masih sedikit melebar.

Kegagalan demi kegagalan kedua tim untuk mencetak gol membuat laga seolah akan berakhir imbang di babak pertama. Akan tetapi, pada menit ke-40 Sunday Mba berhasil memecah kebuntuan usai tendangannya gagal dibendung kiper Diouda Diakite sehingga Nigeria unggul 1-0 di babak pertama.

Di babak kedua pasukan John Obi Mikel dkk. tetap mendominasi jalannya pertandingan. Kendati demikian, tangguhnya benteng pertahanan Burkina Faso menyulitkan Victor Moses cs. menggandakan keunggulan.

Burkina Faso bukan tanpa peluang di laga ini. Salah satu kesempatan mereka terjadi pada menit ke-74. Sayangnya, peluang yang didapatkan Wilfried Sanou mampu diantisipasi kiper Vincent Enyeama. Hingga pertandingan berakhir tidak ada lagi gol tercipta sehingga Nigeria memastikan keluar sebagai juara Piala Afrika 2013.

Susunan Pemain
Nigeria: 1-Vincent Enyeama; 5-Efe Ambrose, 14-Godfrey Oboabona, 22-Kenneth Omeruo, 3-Uwa Echiejile (21-Juwon Oshaniwa 67); 10-John Obi Mikel, 17-Ogenyi Onazi, 19-Sunday Mba (2-Joseph Yobo 89); 8-Ideye Brown, 15-Ikechukwu Uche (7-Ahmed Musa 53), 11-Victor Moses.

Burkina Faso: 1-Diouda Diakite; 12-Madi Panandetiguiri, 8-Paul Koulibaly (Moumouni Dagano 84), 4-Bakary Kone, 5-Mohamed Koffi; 22-Prejuce Nakoulma, 18-Charles Kabore, 6-Djakaridja Kone (10-Alain Traore 89), 7-Florent Rouamba (21-Abdou Razak Traore 65); 11-Jonathan Pitroipa, 15-Aristide Bance.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X