Hempaskan Mali, Nigeria Melenggang ke Final

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 7 Februari 2013 | 00:14 WIB
Mali vs Nigeria
Getty Images
Mali vs Nigeria

1 atas Mali di semifinal, Rabu (6/2) malam WIB. Di partai pamungkas Nigeria akan menghadapi calon lawan antara Ghana atau Burkina Faso.

Sebelum berhadapan dengan Mali, skuad besutan Stephen Okechukwu Keshi berhasil mencapai semifinal dengan menyingkirkan tim favorit juara, Pantai Gading. Sementara pasukan Patrice Carteron sampai di babak empat besar usai mengalahkan tim tuan rumah Afrika Selatan.

Tampil dengan kekuatan penuh kedua kesebelasan bermain alot selama 20 menit pertama meski tercipta beberapa peluang untuk mencetak gol. Akan tetapi, pada menit ke-25 menjadi awal kejayaan Nigeria. Berawal dari umpan memanja pemain Chelsea, Victor Moses, dengan tandukan Elderson Echiejile membuka keunggulan 1-0.

Gol tersebut benar-benar membuat permainan Mali menurun drastis. Alhasil, lima menit berikutnya Nigeria sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat gol yang dicetak Brown Ideye memanfaatkan umpan Emmanuel Emenike.

Seydou Keita dkk. benar-benar kesulitan mengembangkan permainan. Buahnya Nigeria kembali berhasil memperbesar kemenangan sementara di babak pertama menjadi 3-0. Gol ketiga itu tercipta pada menit ke-44 yang kali ini disumbang penyerang Emenike.

Bukannya bangkit di babak kedua Mali justru semakin terpuruk. Pada menit ke-60 pemain CSKA Moskva yang masuk menggantikan Moses menambah keunggulan Nigeria menjadi 4-0.

Mali baru bisa mencetak gol balasan pada menit ke-75. Gol tersebut diciptakan Cheick Diarra memaksimalkan umpan Chieck Diabate. Sayang gol tersebut tidak cukup untuk membantu Mali lolos ke final Piala Afrika 2013. Pasalnya hingga akhir laga Nigeria tetap menang 4-1 dan berhak tampil di partai puncak.

Susunan Pemain
Mali: 1-Mamadou Samassa; 2-Fousseiny Diawara, 3-Adama Tamboura, 21-Mahamadou N'Diaye, 13-Molla Wague; 6-Momo Sissoko (9-Cheick Diabate, 56'), 17-Mahamane Traore, 8-Kalilou Traore, 12-Seydou Keita; 10-Modibo Maiga (7-Cheick Diarra, 46'), 15-Mahamadou Samassa.

Nigeria: 1-Vincent Enyeama; 3-Elderson Echiejile, 22-Kenneth Omeruo, 14-Godfrey Oboabona, 5-Efe Ambrose; 19-Sunday Mba, 17-Ogenyi Onanzi, 10-John Obi Mikel, 11-Victor Moses (7-Ahmed Musa, 53'); 8-Brown Ideye, 9-Emmanuel Emenike.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X