Nigeria Singkirkan Pantai Gading di Perempat Final

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 4 Februari 2013 | 02:06 WIB
Emmanuel Emenike (kiri) dan para pemain Nigeria merayakan kemenangan atas Pantai Gading
Getty Images
Emmanuel Emenike (kiri) dan para pemain Nigeria merayakan kemenangan atas Pantai Gading

1 atas Didier Drogba dkk. di Stadion Royal Bafokeng.

Lebih diunggulkan Pantai Gading mengendalikan jalannya pertandingan kontra Nigeria. Akan tetapi, penampilan gemilang barisan pertahanan Nigeria dan kiper Vincent Enyeama benar-benar menyulitkan pasukan Sabri Lamouchi.

Terlalu terkonsentrasi dalam menyerang membuat Pantai Gading lengah pada menit ke-42. Memanfaatkan umpan Ogenyi Onazi, Emmanuel Emenike berhasil mencuri gol. Nigeria pun unggul 1-0 atas Pantai Gading di babak pertama.

Di interval kedua berupaya meningkatkan agresivitas serangan. Upaya lebih menekan itu akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-50. Gol yang membuat skor kembali imbang 1-1 tersebut dicetak pemain Newcastle United, Cheik Tiote, dengan sundulan memaksimalkan bola yang berawal dari tendangan bebas Drogba.

Sayang bukannya sukses membalikkan keadaan Pantai Gading justru kembali kebobolan dan tertinggal lagi 1-2 pada menit ke-78. Gol itu dicetak Sunday Mba dan menjadi gol penentu kemenangan Nigeria atas Pantai Gading di perempat final Piala Afrika 2013.

Kemenangan tersebut membuat Nigeria berhak melaju ke babak semifinal Piala Afrika 2013. Di babak empat besar Nigeria sudah ditunggu Mali yang mampu menyingkirkan tim tuan rumah, Afrika Selatan. Laga Nigeria kontra Mali akan berlangsung, Rabu (6/2), di Stadion Moses Mabhida.

Susunan pemain
Pantai Gading: 1-Boubacar Barry; 21-Emmanuel Eboue, 5-Didier Zokora, 22-Souleymane Bamba, 17-Siaka Tiene; 8-Salomon Kalou (15-Mark Alain Grandel 69), 6-Romaric (18-Lacina Traore 83), 9-Cheik Tiote, 19-Yaya Toure, 10-Gervinho; 11-Didier Drogba.

Nigeria: 1-Vincent Enyeama; 5-Efe Ambrose, 22-Kenneth Omeruo, 14-Godfrey Oboabona, 3-Uwa Elderson Echiejile; 9-Emmanuel Emenike, 19-Sunday Mba, 10-John Obi Mikel, 17-Ogenyi Onazi, 11-Victor Moses; 8-Brown Ideye (2-Yoseph Yobo 90).




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X