Pertamina Luncurkan Liga untuk Pemain U-16

By Frengky Aruan - Minggu, 3 Februari 2013 | 17:59 WIB

16. Peluncurannya sendiri dilakukan di FX, Jakarta, Minggu (3/2).

Selain pihak Pertamina, peluncuran Liga Pertamina U-16 juga dihadiri Koordinator Timnas sekaligus Ketua Pembinaan Usia Muda PSSI, Bob Hippy. Selain itu, hadir pula Indra Sjarif, pelatih  timnas U-17.

Ketua Liga Pertamina U-16, Ade Mulyadi mengatakan bahwa peluncuran kompetisi Liga  Pertamina U-16 bukan tanpa sebab. Dasar yang utama adalah keinginan Pertamina memunculkan bibit muda yang kelak bisa dipakai untuk timnas Indonesia.

"Ajang ini adalah panggung unjuk bakat bagi pemain muda. Kompetisi ini juga bisa dijadikan sebagai ajang pencarian bibit pesepak bola nasional," kata Ade.

Ade menambahkan pihaknya juga melihat bahwa keberadaan Liga Pertamina U-16 ini sangat penting. Paling tidak untuk menindaklanjuti sistem evaluasi secara komprehensif dari sebuah pembinaan atau pelatihan sepak bola usia remaja secara berkesinambungan.

"Kompetisi ini dapat dijadikan sebagai rangkaian pertandingan dari usia sebelumnya yang telah ada dan sebagai media pengantar ke jenjang usia berikutnya," jelas Ade.

Untuk tahun pertama, Liga Pertamina U-16 sendiri akan diikuti oleh 14 Sekolah Sepak Bola yang tersebar di Jabodetabek. Ke-14 tim itu adalah Pertamina Soccer School, Asiop Apacinti, Persigawa, Bina Taruna, Jakarta North City, dan G-Razz dari Jakarta, Pelita Jaya dan Sukma Jaya dari Depok, Cibinong Putra dari Bogor, Villa 2000 dan Benteng Muda dari Tangerang, Tunas Patriot Soccer Team dan Bina Muda dari Bekasi.

Menurut Vice President Corporate Communication PT. Pertamina, Ali Mundakir, pemilihan ke-14 SSB itu untuk bermain di Liga Pertamina U-16 dilatarbelakangi oleh status SSB tersebut di pesepakbolaan usia muda.

"Karena ini yang pertama, Pertamina ingin memastikan bahwa kompetisi ini dapat berjalan baik. Jadi, SSB yang dipilih adalah yang sudah malang-melintang dan bisa dipercaya. Kami tidak ingin ada yang gugr di tengah jalan, karena kompetisi ini cukup lama," jelas Ali Mundakir, Vice President Corporate Communication PT. Pertamina.

Ali Mundakir menambahkan bahwa Liga Pertamina U-16 akan dimulai pada 16 Februari 2013. Atau setelah setiap SSB melakukan seleksi pada 2 Februari, technical meeting pada 4 Februari, dan tes fisik pada 10 Februari. Menurut rencana, kompetisi akan berakhir pada November 2013.


Editor : Frengky Aruan


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X